Advertisement

Saat Sedang Sakit, Bolehkah Berolahraga?

Chelin Indra Sushmita
Jum'at, 15 Februari 2019 - 21:17 WIB
Nina Atmasari
Saat Sedang Sakit, Bolehkah Berolahraga? Ilustrasi kelelahan seusai olahraga (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Olahraga punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, bagaimana sebaiknya ketika tubuh sedang tidak sehat?

Mengutip Mens Health, Rabu (13/2/2019), ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat hendak berolahraga di saat tubuh sedang tidak fit. Jika sakit yang dialami hanya flu, demam, radang, atau sinus, maka olahraga boleh dilakukan.

Advertisement

Lakukan olahraga dengan intensitas rendah, seperti jalan kaki atau peregangan. Pilihan lain yakni angkat beban yang cukup menstimulasi jaringan otot. Pastikan denyut jantung tetap terjaga dengan baik.

Namun, jika sakit yang diderita cukup parah, seperti demam, diare, nyeri, hingga infeksi saluran pernapasan, maka istirahatlah sampai sembuh. Pulihkan dulu kondisi tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga. Istirahat bakal memberikan pengaruh positif. Apalagi jika Anda melakukan olahraga rutin setiap hari.

Olahraga adalah stimulus tekanan yang intensif. Tubuh yang sedang sakit sudah mendapatkan tekanan besar. Sistem imun bekerja keras melawan penyakit agar tubuh kembali sehat. Jadi, menambahkan olahraga intensitas tinggi justru memperparah kondisi tubuh.

Ingat, ada perbedaan besar antara olahraga dan aktivitas fisik. Jalan-jalan di alam terbuka bukan jenis olahraga. Meski demikian, kegiatan ini juga memberikan manfaat bagi tubuh. Saat sedang sakit, hindarilah pusat kebugaran untuk sementara waktu. Istirahat dan penuhilah kebutuhan nutrisi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Hendak Mengambil Ponsel, Warga Sleman Malah Kecemplung Sumur

Sleman
| Jum'at, 26 April 2024, 09:07 WIB

Advertisement

alt

BKKBN-TNI AD Kolaborasi Membangun Sumber Air Bersih Guna Turunkan Stunting

News
| Kamis, 25 April 2024, 18:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement