Advertisement

Pikiran Buruk Ini Bisa Merusak Hubungan Cinta, Waspadalah

Tika Anggreni Purba
Selasa, 19 Februari 2019 - 08:35 WIB
Maya Herawati
Pikiran Buruk Ini Bisa Merusak Hubungan Cinta, Waspadalah Ilustrasi - Yolasite

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Saat pertama kali jatuh cinta dengan pasangan, sikap negatif pasangan biasanya tidak terlau terlihat. Umumnya, perasaan dan gelombang cinta menutupi semua hal itu sehingga sentimen negatif rasanya tidak mungkin mempengaruhi hubungan.

Padahal, sentimen negatif itu dapat berupa pikiran-pikiran jelek yang merusak kebahagiaan cinta. Apabila masing-masing pasangan mempertahankan pemikiran tersebut, hubungan asmara yang tadinya manis dan harmonis, pelan-pelan menjadi penuh masalah.

Advertisement

Adapun sentimen negatif yang harus diubah tersebut adalah:

1. Anda berpikir pasangan telah berubah

Orang sering menjadi tidak bahagia dalam hubungan karena mereka sering berpikir pasangan mereka telah berubah. Padahal, mungkin saja Anda memang sedang terganggu dengan sifat mereka yang tadinya tidak membuat Anda kesal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu mengidentifikasi setiap perilaku atau sifat yang sebelumnya tidak mengganggu Anda, tetapi membuat Anda kesal belakangan ini. Hal ini akan membuat Anda lebih adil dalam menilai pasangan Anda.

2. Anda berpikir pasangan Anda sengaja menyakiti

Katakanlah Anda kecewa karena pasangan Anda tidak sengaja melewatkan penting keluarga karena pekerjaan. Anda bisa saja berpikir bahwa dia sengaja melakukan hal tersebut untuk menyakiti perasaan Anda.

Dalam skenario ini, Anda bisa saja benar-benar marah karena pasangan seolah sengaja menyepelekan pertemuan yang sudah dijadwalkan sebelumnya.

Mengadapi hal ini Anda perlu berpikir dengan lebih jernih, dan mendengarkan penjelasan dari pasangan Anda.

3. Anda berpegang pada perkataan pasangan yang menyakitkan

Dalam hubungan, ada kalanya pasangan tidak sengaja mengungkapkan perkataan yang tidak sesuai dengan pikiran dan perasaan.

Katakanlah saat pasangan mengungkapkan kemarahan, menggerutu, mengeluh, atau mengkritik Anda. Hal ini bisa jadi membuat Anda terluka dan tersakiti.

Sebenarnya apabila Anda berpikir pasangan Anda secara umum adalah orang yang baik, Anda tidak akan terluka dengan hal-hal bodoh yang mereka katakan. Terkadang orang mengungkapkan sesuatu yang tidak sesuai dengan isi hatinya, dan pasangan Anda pun bisa mengalami itu.

4. Anda pikir Anda tak berdaya

Orang terkadang merasa tidak berdaya dan terjebak dalam hubungan yang bermasalah. Mereka akhirnya terjebak dalam pembiaran sehingga hubungan tidak terasa menyenangkan lagi.

Apapun perilaku Anda dalam hubungan, pasti mempengaruhi hubungan. Oleh karena itu, lebih baik mengembangkan sikap, pikiran, perasaan yang positif bahwa Anda dapat mengubah hubungan menjadi lebih berwarna dan bahagia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru! KRL Jogja-Solo Sabtu 20 April 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 00:57 WIB

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement