Advertisement

Cegah Penyakit Jantung, Konsumsi Buah Ini Setiap Hari

Newswire
Sabtu, 23 Februari 2019 - 18:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cegah Penyakit Jantung, Konsumsi Buah Ini Setiap Hari kateterisasi jantung. - klikdokter

Advertisement

Harianjogja.com, LONDON--Penyakit jantung yang selama ini menjadi salah satu penyebab kematian utama di dunia, dapat dicegah dengan mengonsumsi 7,5 ons bluberi setiap hari selama sebulan.

Studi yang dilakukan peneliti di Kings College London ini menemukan bahwa konsumsi bluberi dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah pada orang sehat. Bahkan penelitian ini menyatakan bahwa konsumsi bluberi bisa sama efektifnya dengan pil tekanan darah yang diresepkan dari dokter.

Advertisement

Ketua peneliti Ana Rodriguez-Mateos mengatakan, hal ini dikarenakan zat kimia ajaib yang berperan menghasilkan warna biru pada buah bluberi, yang disebut anthocyanin.

"Kami menganalisis efek minum jus bluberi setiap hari selama satu bulan dan hasilnya bisa menyelamatkan jiwa. Meskipun yang terbaik adalah memakan bluberi secara utuh kami juga menemukan bahwa suplemen mengandung anthocyanin juga dapat memberi efek yang sama," ujar Ana, dikutip dari New York Post, Sabtu (23/2/2019).

Selain anthocyanin, Ana juga mengatakan bahwa bluberi juga mengandung senyawa fenolik lain dalam jumlah yang lebih kecil seperti procyanidin, flavonol dan asam fenolik, serta menjadi sumber serat, vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, peneliti melibatkan 40 responden yang diberikan minuman mengandung 7,8 ons bluberi untuk diminum setiap hari. Responden sebelumnya dicek terlebih dulu tekanan darah, urin, hingga dilatasi aliran darah (FMD), untuk mengukur seberapa besar arteri melebar ketika aliran darah meningkat.

Para peneliti membandingkan hasil dari responden yang mengonsumsi bluberi dengan plasebo. Hasilnya menemukan bahwa responden yang mengonsumsi minuman bluberi yang mengandung anthocyanin, mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan. "Mereka yang minum 7,8 ons bluberi, fungsi pembuluh darah meningkat secara signifikan hanya dalam waktu dua jam," imbuh Ana.

Setelah satu bulan mengonsumsi bluberi setiap hari, tekanan darah responden juga dilaporkan berkurang rata-rata 5mmHg, di mana biasanya dialami oleh mereka yang mengonsumsi obat penurun tekanan darah. "Kami memberikan bukti ilmiah lebih lanjut bahwa pada manusia sehat, konsumsi bluberi dapat memberi manfaat untuk mencegah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular hingga 20 persen," tandas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement