Kebutuhan Emosional Penting Dipenuhi untuk Menjaga Keharmonisan

Ilustrasi - Elcrema
14 Maret 2019 07:07 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Setiap pasangan memiliki karakteristik hubungan yang berbeda. Akan tetapi, tetap ada kebutuhan emosional mendasar yang ahrus dipenuhi agar hubungan berjalan menjadi lebih baik.

Berikut ini adalah 5 kebutuhan emosional yang harus diperhatikan setiap pasangan untuk mencapai hubungan yang erat dan hangat setiap hari.

1. Kebutuhkan untuk didengarkan

Seseorang akan merasa lebih dihargai dan penting ketika dia didengarkan. Anda tidak perlu setuju dnegan semua hal yang dikatakan pasangan Anda, tetapi Anda harus belajar untuk mendengarkan. Dalam hubungan dengan pasangan, setiap pasangan harus saling menghormati pendapat. Dengan begitu, pasangan akan aktif mendengarkan, merefleksikan apa yang didengar, dan menggunakannya untuk saling membangun.

2. Kebutuhan untuk merasa diterima

Setiap pasangan perlu merasa bahwa mereka diterima oleh pasangannya apa adanya, sekalipun dia memiliki kekurangan, ketidaksempurnaan, dan kelemahan lainnya. Setiap pasngan harus merasa bahwa mereka adalah bagian dari kehidupan pasangannya, sehingga dia betah dalam hubungan mereka dan cukup nyaman untuk saling berbagi.

3. Kebutuhan akan kepercayaan

Pasangan perlu merasa bahwa dia dapat mempercayai pasangannya dan merasa aman di dalamnya. Kepercayaan biasanya menimbulkan rasa aman untuk berbagi apapun, baik pikiran dan perasaan. Kepercayaan juga akan membuat pasangan merasa selalu dicintai, diprioritaskan, dan dihargai.

4. Kebutuhan untuk dihargai dan diprioritaskan

Sangat penting untuk diketahui bahwa pasangan memiliki kebutuhan untuk dihargai oleh pasangannya. Pasangan harus menjadi orang pertama yang dihargai, dipriotitaskan, dan diutamakan dibandingkan dengan orang lain. Bukan berarti pasangan tidak boleh mandiri, tetapi hal ini untuk menunjukkan bahwa masing-masing pasangan mengetahui bahwa mereka saling membutuhkan.

5. Kebutuhan untuk merasa diinginkan

Dalam hubungan romantis, pasangan memiliki kebutuhan untuk merasa diinginkan oleh pasangan mereka. Hal ini akan meningkatkan keintiman dan kehangatan, sekalipun tidak melibatkan seks.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia