Advertisement

Ingin Berat Badan Turun dengan Cepat? Lakukan Ini Saja!

Newswire
Kamis, 21 Maret 2019 - 12:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Berat Badan Turun dengan Cepat? Lakukan Ini Saja! Ilustrasi obesitas. - Daily Express

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Berbagai macam cara dilakukan seseorang untuk menurunkan berat badannya. Karena, dengan berat badan yang berlebih, terkadang membuat seseorang tidak percaya diri.

Berikut ini beberapa cara menurunkan berat badan dengan cepat hanya dari kegiatan sehari-hari, seperti dikutip dari Cermati.com.

Advertisement

1. Minum Segelas Air Putih Setelah Bangun Tidur

Air putih sangat ampuh untuk membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh, sehingga fungsi metabolisme tubuh menjadi lebih maksimal. Sempatkan diri untuk minum segelas air putih pada pagi hari setelah bangun tidur.

Dengan terbiasa melakukan hal sederhana ini, tubuh Anda akan lebih berstamina sebelum melakukan aktivitas sehari-hari. Agar tidak lupa, sebelumnya siapkan saja segelas air putih di samping meja tempat tidur. Jadi ketika bangun pagi nanti, Anda bisa langsung meneguknya.

2. Jalan Kaki Minimal 1000 Langkah atau 30 Menit Setiap Hari

Pastikan Anda melakukan olahraga 1.000 langkah atau setidaknya selama 30 menit setiap hari, terutama setelah makan siang dan malam. Ini agar makanan yang dikonsumsi dapat segera turun dan dilumat oleh alat penggilingan di perut.

Tanpa tubuh bergerak, makanan akan tertimbun di dalam perut, yang dapat berakibat pada bertambahnya berat badan. Selain itu, badan pun akan terasa lemas.

3. Olahraga Angkat Beban secara Rutin

Olahraga angkat beban tidak hanya diperuntukkan untuk kaum pria saja, tetapi juga wanita. Selain menurunkan berat badan, angkat beban juga baik untuk membentuk otot, asal dilakukan secara tepat dan proporsional sesuai dengan kebutuhan.

Bagi yang baru pertama kali mengangkat beban, sebaiknya mendapatkan arahan dari trainer untuk menghindari salah gerakan yang berakibat pada melemahnya otot tubuh. Ikuti instruksi dari trainer untuk mendapatkan bentuk tubuh dan otot yang diinginkan.

4. Pilih Tangga, Tinggalkan Kebiasaan Naik Lift

Naik lift dan eskalator memang enak. Selain menghemat waktu, suasana di dalam lift juga sejuk sehingga tidak membuat tubuh berkeringat. Namun, sadar atau tidak, adanya lift justru membuat Anda malas bergerak. Padahal tubuh harus bergerak aktif untuk mengurangi timbunan lemak.

Mulai dari sekarang, tinggalkan kebiasaan naik lift atau eskalator dan biasakan diri naik tangga. Awalnya mungkin terasa melelahkan, tetapi jika sudah terbiasa, tubuh Anda tidak akan merasa lelah sedikit pun.

5. Perhatikan Porsi Makanan yang Disantap

Kebiasaan menyantap makanan dalam porsi besar sebaiknya harus ditinggalkan selama menjalani program diet. Sebab, lebih baik makan dalam porsi yang sedikit tetapi lebih sering, daripada makan dalam porsi yang besar sekaligus.

Untuk mengurangi rasa lapar, minumlah segelas air putih sebelum dan sesudah makan. Setelah beberapa jam, Anda bisa makan lagi atau mengonsumsi makanan ringan sehat untuk menghindari rasa lapar yang tak tertahankan.

6. Jangan Terlalu Sering Membuka Kulkas

Kebiasaan ini sering Anda lakukan tanpa disadari. Akibatnya, godaan untuk makan dalam porsi yang lebih besar pun muncul. Daripada program diet gagal total, sebaiknya disiplinkan diri agar tidak terlampau sering membuka kulkas, apalagi di malam hari.

Pastikan Anda menyajikan menu makan malam yang mengenyangkan, agar rasa lapar tidak muncul setelah jam makan malam berlalu.

7. Kunyah Makanan secara Perlahan

Jumlah kalori yang diserap oleh tubuh akan bertambah jika Anda terlalu cepat mengunyah makanan. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga membuat Anda cepat lapar, sehingga makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari yang seharusnya.

Alangkah baiknya jika Anda mengunyah makanan secara lambat. Selain mengurangi jumlah kalori, makanan yang masuk ke mulut juga terasa lebih nikmat karena Anda benar-benar menikmati makanan yang disajikan di meja makan.

8. Konsumsi Sayur dan Buah secara Tepat

Makanan seperti steak, spaghetti, sosis dan gorengan, sebenarnya harus dihindari untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Sebaiknya ganti menu makanan sehari-hari dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan segar untuk mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Hindari penambahan mayonaise ke dalam sayur atau buah, karena mayonaise mengandung kalori yang tinggi, juga lemak. Ini karena bahan dasar dari mayonaise adalah minyak goreng dan kuning telur.

9. Berpikir Sesering Mungkin

Cara terakhir adalah dengan lebih sering berpikir. Semakin sering Anda berpikir, semakin banyak kalori yang dibuang oleh tubuh, sehingga bobot tubuh dapat turun secara cepat. Namun, berpikirnya harus tetap dalam batasan wajar, agar tidak mengakibatkan stres.

Banyak Bergeraklah untuk Membakar Lemak

Kegiatan sehari-hari yang sering Anda sepelekan ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya termasuk yang Anda idam-idamkan selama ini tetapi sulit terwujud, yaitu menurunkan berat badan.

Sebelum berat badan semakin membengkak, segera terapkan pola hidup sehat. Biasakan diri untuk lebih aktif bergerak agar lemak-lemak yang ada pada tubuh ikut terbakar, hingga tubuh menjadi lebih ramping dan bugar. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement