Advertisement

Rutin Makan Kacang-Kacangan Sejak Dewasa Bisa Tingkatkan Fungsi Otak

Newswire
Selasa, 26 Maret 2019 - 05:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rutin Makan Kacang-Kacangan Sejak Dewasa Bisa Tingkatkan Fungsi Otak Ilustrasi kedelai. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Para peneliti dari University of South Australia menemukan bahwa makan kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan fungsi otak di usia tua.

Dalam ilmu kesehatan, dikenal dengan demensia yaitu sindrom yang terkait dengan penurunan fungsi kognitif yang sedang berlangsung. Menurut NHS. Alzheimer's Society memperkirakan ada sekitar 850.000 orang di Inggris yang hidup dengan gejala demensia.

Advertisement

Untuk penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Nutrition, Health and Aging, para peneliti mengamati efek makan kacang-kacangan pada 4.822 orang dewasa Tionghoa di atas usia 55 tahun.

Mereka menemukan bahwa makan lebih dari 10 gram kacang-kacangan sehari atau setara dengan dua sendok teh, berhubungan positif dengan peningkatan pemikiran, penalaran, dan memori.

Para peneliti juga menemukan bahwa jumah kacang-kacangan yang sama juga dapat meningkatkan fungsi kognitif orang tua hingga 60%, dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang-kacangan.

"Ini efektif menangkal apa yang biasanya dialami sebagai penurunan kognisi alami dua tahunan," kata ketua peneliti Dr Ming Li seperti melansir Independent, Senin (25/3/19).

Studi ini menganalisis sembilan gelombang data Survei Gizi Kesehatan China yang dikumpulkan selama 22 tahun, dan menemukan bahwa 17% partisipan mengonsumsi kacang-kacangan secara teratur (kebanyakan kacang tanah).

Menurut Dr Li, kacang tanah secara luas diyakini sebagai sumber anti-inflamasi dan antioksidan yang sangat baik yang dapat membantu mengurangi dan mengurangi penurunan kognitif.

“Kacang dikenal tinggi lemak, protein, dan serat sehat dengan khasiat gizi yang dapat menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan kognitif,” kata dia.

"Meskipun tidak ada obat untuk penurunan kognisi terkait usia dan penyakit neurogeneratif, variasi dalam apa yang orang makan memberikan perbaikan untuk orang yang lebih tua," ujar Dr Li.

Di Li menambahkan bahwa penelitian ini adalah yang pertama melaporkan hubungan antara kognisi dan asupan kacang pada orang dewasa Tionghoa yang lebih tua.

"Populasi yang menua adalah salah satu tantangan paling substansial abad ke-21," kata Dr Li.

Dia juga mencatat bahwa populasi yang menua adalah masalah besar di China karena populasinya jauh lebih cepat daripada hampir semua negara lain di dunia.

"Perawatan kesehatan yang terus ditingkatkan dan preventif, termasuk modifikasi pola makan dapat membantu mengatasi tantangan terkait populasi yang menua," tambahnya.

China memiliki salah satu populasi penuaan yang tumbuh paling cepat. Pada tahun 2029, menurit amgkat terbaru PBB, populasi orang tua negara ini diperkirakan mencapai 1,44 miliar.

Pada tahun 2050, 330 juta orang China akan berusia lebih dari 65 tahun, dan 90,4 juta orang akan berusia lebih dari 80 tahun, mewakili populasi terbesar dunia dari kelompok usia paling tua ini.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan jumlah orang yang hidup dengan demensia di dunia diperkirakan mencapai 47 juta, dan diproyeksikan akan meningkat menjadi 75 juta pada tahun 2030. Jumlah kasus demensia juga diperkirakan hampir tiga kali lipat pada tahun 2050.

“Seiring bertambahnya usia, mereka secara alami mengalami perubahan pada penalaran konseptual, memori, dan kecepatan pemrosesan. Ini semua adalah bagian dari proses penuaan normal," kata Dr Li.

“Tetapi usia juga merupakan faktor risiko terkuat yang diketahui untuk penyakit kognitif. Jika kita dapat menemukan cara untuk membantu orang lanjut usia mempertahankan kesehatan kognitif dan kemandirian mereka lebih lama, bahkan dengan mengubah pola makan mereka maka ini benar-benar sepadan dengan usahanya," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal KA Prameks Jogja-Kutoarjo, Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 03:17 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement