Advertisement

Salah Ambil, Pria Ini Malah Keramas Pakai Pestisida

Newswire
Kamis, 28 Maret 2019 - 04:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Salah Ambil, Pria Ini Malah Keramas Pakai Pestisida Ilustrasi rambut - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, YUNNAN--Seorang pria tiba-tiba menggigil dan berkeringat setelah ia keramas. Usut punya usut, bukannya menggunakan sampo, ia ternyata keramas dengan menuangkan pestisida pada rambutnya lantaran salah ambil.

HiMedik melansir dari worldofbuzz, pria yang tidak diketahui identitasnya itu dilaporkan tinggal di Kunming, Provinsi Yunnan.

Advertisement

Ia menyimpan botol pestisida dichlorovos yang lebih dikenal sebagai DDVP tepat di sebelah samponya. Dia baru menyadarinya setelah dia mencium bau zat beracun saat keramas.

Segera setelah itu, pria tersebut membilas rambutnya menggunakan air dan cuka serta mencukur rambutnya. Ia juga mulai mengalami gejala-gejala seperti menggigil dan berkeringat.

Pria itu kemudian mencari perawatan di Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Yunnan.

"Kami harus menggunakan pisau cukur sekali pakai. Beberapa dokter memotong rambut dengan gunting dan kemudian dicukur habis," kata Wakil direktur departemen darurat rumah sakit, Wu Ying. 

Sebagai informasi, DDVP adalah bahan untuk keperluan rumah tangga dan industri. Namun, telah dilarang pengunaannya di Uni Eropa selama 20 tahun terakhir karena tingkat racunnya yang tinggi dan efeknya yang bertahan lama terhadap lingkungan.

Bahan tersebut juga dilarang oleh beberapa pemerintah Kota China, seperti di Guangzhou. Namun, zat beracun ini masih tersedia untuk dijual di banyak daerah lain, seperti Kunming.

Di beberapa daerah pedesaan, orang cenderung menggunakan zat beracun untuk mengobati gatal, kutu, dan eksim.

Kasus lain melibatkan seorang gadis berusia lima tahun dari provinsi Henan di Cina tengah yang hampir mati setelah neneknya mencuci rambut dengan DDVP untuk menghilangkan kutu di kepalanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement