Advertisement

Ini 4 Manfaat Makan Buncis, Salah Satunya Mencegah Kanker

Chelin Indra Sushmita
Rabu, 03 April 2019 - 06:07 WIB
Nina Atmasari
Ini 4 Manfaat Makan Buncis, Salah Satunya Mencegah Kanker Ilustrasi buncis (Youtube)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA – Siapa tidak tahu buncis? Sayuran ini mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Buncis merupakan jenis sayuran yang juga termasuk kacang-kacangan. Sayuran yang satu ini banyak dikonsumsi karena segudang khasiatnya yang luar biasa bagi kesehatan. Buncis mengandung beragam nutrisi dan antioksidan penting bagi tubuh.

Setiap 100 gram buncis mentah mengandung 10,17 gram air, 338 kilo kalori, 21,46 gram protein, 0,69 gram karbohidrat, serta 19 gram serat. Buncis juga mengandung 8,5 gram gula, 81 miligram kalsium, 0,72 miligram vitamin E, serta vitamin K. Semua nutrisi di dalamnya berperan penting menjaga kesehatan tubuh.

Advertisement

Mengonsumsi buncis memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Inilah beberapa manfaat mengonsumsi buncis seperti dilansir Boldsky, Senin (1/4/2019):

Melancarkan pencernaan

Serat tak larut pada buncis berperan sebagai obat pencahar yang mengurangi risiko sembelit. Jadi, sayuran ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang menderita sembelit.

Mempercepat penyembuhan luka

Buncis mengandung sejumlah protein penting yang mengatur setiap proses tubuh. Protein ini berperan penting bagi perbaikan sel dan penyembuhan penyakit.

Memelihara kesehatan jantung

Buncis mengandung asam folat yang berperan menurunkan kolesterol dan menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium dan magnesium di dalamnya juga mengurangi risiko penyakit jantung.

Mencegah kanker

Kandungan serat pada buncis berperan penting menyerap zat racun di usus besar. Buncis juga mengandung isoflavon yang mencegah kanker payudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement