Kenyataan Hidup Kadang Sangat Sulit, Jangan Terus Ditolak

Depresi - foodntv
16 April 2019 09:17 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA—Kenyataannya, terkadang manusia memang mengalami kenyataan yang sulit dalam hidupnya. Tetapi, tidak semua orang menghadapi kenyataan yang sulit itu dengan respons yang benar. Padahal respons yang benar adalah belajar menerima kenyataan yang sulit dengan terbuka.

Mengapa? Karena kesulitan itu adalah kenyataan hidup yang bisa terjadi pada semua orang. Anda tidak sendiri ketika harus bekerja keras setiap hari demi memenuhi kebutuhan finansial. Anda tidak sendirian ketika mengurus dan mengasuh anak dengan kesulitan.

Anda tidak sendiri harus menahan kesedihan karena hubungan asmara yang kandas. Anda juga tidak sendiri ketika mengalami masalah bisnis dan problem kesehatan. Orang lain mengalaminya juga.

Memang, tidak semua kesulitan itu terasa adil, bahkan sering kali kita memandangnya tidak adil. Pandangan itu tentu tidak salah karena manusia memang cenderung mencari cara untuk meminimalkan rasa sakit yang dialaminya ketika menghadapi kesulitan. Sayangnya respons seperti ini justru melahirkan frustasi, kecemasan, dan kritik terhadap diri sendiri karena menolak kenyataan akan kesulitan itu.

Menurut laporan Psychology Today, kesulitan akan dapat dihadapi dengan lebih damai apabila kita dapat menerima kenyataan yang sulit. Bagaimana caranya? Anda sebaiknya mengakui setiap kesulitan yang membuat Anda stres, frustasi, terluka, dan cemas itu memang ada. Izinkan diri Anda mengalami kenyataan itu dan setelahnya izinkan pula hal itu pergi.

Kesulitan biasanya terasa makin sulit bila Anda menolak untuk jujur terhadap perasaan dan pikiran Anda sendiri. Karena itu lebih baik izinkan diri Anda menerima kenyataan dengan membuang pikiran “harusnya ini tidak terjadi”, “harusnya saya lebih kuat”, “harusnya saya tidak bersedih”, dan sebagainya.

Jangan salahkan diri Anda dan kenyataan dalam hal ini. Hal itu akan membuat Anda makin stres dan susah hati.  Katakan pada diri Anda: “Ya, ini memang sulit, tidak apa-apa, saya menerima kesulitan itu dan so what?” Jika Anda telah berhasil menghadapinya, hadiahi diri Anda sendiri dengan pujian.

Tentu hal ini membutuhkan latihan, silakan berlatih dengan meditasi, mengambil waktu untuk bersyukur, makan dengan sehat, dan lakukan apapun yang meningkatkan kesehatan fisik dan mental Anda. Makin sulit hidup Anda, makin penting bagi Anda untuk merawat dan memperhatikan diri

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia