Advertisement

Ingin Puasa tapi Punya Penyakit Maag? Ini Penjelasannya

Chelin Indra Sushmita
Selasa, 16 April 2019 - 06:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Puasa tapi Punya Penyakit Maag? Ini Penjelasannya Ilustrasi puasa (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Penderita sakit maag sering khawatir jika akan melaksanakan puasa karena berpikir jika melakukan puasa akan memperburuk penyakit yang dideritanya. Namun sebenarnya yang terjadi justru sebaliknya.

Siklus tubuh berubah karena perubahan jam makan. Selama puasa, jadwal makan terkontrol dengan baik. Saluran pencernaan terpenuhi asupan makanan sehingga mencegah asam lambung naik. Puasa juga menjadi waktu yang tepat untuk menerapkan gaya hidup sehat.

Advertisement

Dikutip dari Times of India, Senin (15/4/2019), orang yang berpuasa disarankan berbuka dengan minuman atau makanan manis berbahan dasar buah atau sayur. Jangan lupa untuk minum air putih minimal dua gelas setelah berbuka puasa.

Saat puasa, pola minum air putih berubah menjadi dua gelas saat sahur dan buka serta empat gelas setelah salat Isya. Jangan lupa untuk berolahraga. Namun, hindari makan berat sejam sebelum berolahraga atau tidur selama puasa.

Perbanyak konsumsi makanan berprotein tinggi agar perut kenyang lebih lama. Jangan lupakan serat untuk menghidrasi tubuh selama berpuasa. Pastikan karbohidrat yang dikonsumsi cukup untuk tenaga selama seharian penuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement