Advertisement

Siapa Sangka, 5 Pekerjaan Rumah Ini Efektif Bakar Kalori

Chelin Indra Sushmita
Jum'at, 26 April 2019 - 08:57 WIB
Nina Atmasari
Siapa Sangka, 5 Pekerjaan Rumah Ini Efektif Bakar Kalori Ilustrasi menyapu lantai (Pictagram)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA– Banyak orang merasa harus ke pusat kebugaran untuk berolahraga. Jangan salah, ada berbagai pekerjaan rumah yang bermanfaat membakar lemak. Mau tahu apa saja kegiatan tersebut? Simak tips kesehatan yang dihimpun dari informasi resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia, Sabtu (20/4/2019) berikut:

Menyapu

Advertisement

Gerakan menyapu lantai rumah selama semenit mampu membakar 3,90 kalori. Jika dilakukan dalam waktu 30 menit, maka akan setara dengan pembakaran 117 kalori.

Menyetrika

Banyak orang beranggapan menyerika pakaian sangatlah membosankan dan melalahkan. Tapi, siapa sangka pekerjaan ini justru membakar cukup banyak kalori. Menyetrika pakaian selama 30 menit mampu membakar 126 kalori.

Mencuci

Mencuci baju dengan tangan jelas memberikan kesempatan membakar lemak tubuh. Mengucek, membilas, memeras, dan menjemur baju jelas membutuhkan banyak tenaga. Tak ayal, mencuci baju selama satu jam membakar sekitar 125 kalori.

Mengepel

Mengepel lantai juga mengharuskan tubuh aktif bergerak. Apalagi jika mengepel dilakukan dengan cara merangkak. Nah, mengepel lantai ini cukup ampuh menurunkan berat badan karena membakar sekitar 157 kalori setiap 30 menit.

Menguras kamar mandi

Jangan biarkan dinding dan lantai kamar mandi berkerak. Bersihkan kamar mandi secara rutin setiap pekan. Pekerjaan ini mampu membakar 180 kalori dalam 30 menit.

Nah, itulah beberapa jenis pekerjaan rumah yang efektif membakar kalori. Mulai sekarang, jangan mager (malas gerak) di saat weekend. Banyak kalori yang bisa dikeluarkan jika melakukan aktivitas fisik tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rute Bus Trans Jogja, Cek di Sini, Jangan Salah Pilih

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement