Advertisement

Cara Ini Lebih Ampuh dari Obat Kumur untuk Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa

Newswire
Minggu, 28 April 2019 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Cara Ini Lebih Ampuh dari Obat Kumur untuk Hilangkan Bau Mulut Selama Puasa Ilustrasi obat kumur (www.pediatricdentistcharleston.com)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Orang-orang yang menjalani puasa biasanya akan mencegah bau mulut dengan menggunakan obat kumur. Benarkah cara ini?

Dokter spesialis konservasi dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran Irmaleny, di Jakarta, Sabtu (27/4/2019), mengatakan obat kumur bermanfaat menghilangkan plak di gigi. Plak itu terbentuk dari sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Advertisement

Jika dibiarkan, plak akan menumpuk dan menyebabkan munculnya karang gigi. Akibatnya, muncul bau mulut.

Obat kumur, menurut Irma, perlu digunakan saat Anda benar-benar membutuhkannya. Irma menyarankan cara terbaik untuk menghindari bau mulut adalah dengan menyikat gigi secara rutin dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi.

"Saat puasa, disikat, di-floshing dengan benang gigi. Obat kumur boleh, tapi tidak boleh dipakai terus-terusan. Obat kumur untuk bersihkan plak," kata Irmaleny sebagaimana dilansir Antara, Sabtu.

Irma menuturkan, penggunaan obat kumur yang terus menerus akan mengganggu keseimbangan bakteri baik di mulut. Oleh karena itu, jika satu botol obat kumur sudah Anda pakai habis, tidak perlu membeli yang baru.

"Biasanya kalau habis satu botol, ya sudah. Di mulut, harus ada bakteri normal. Kalau pakai obat kumur, nanti hilang [bakteri baik]. Sebaiknya, jangan berbotol-botol," ujarnya.

Sementara, dokter spesialis prostodontik dari Surabaya Sandy Aditya menambahkan solusi untuk menghindari bau mulut saat berpuasa yaitu dengan menghindari makanan berminyak, pedas, dan mengandung bawang putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com/Antara

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Viral Polisi Tembak dan Serang DC, APPI Jelaskan Duduk Permasalahannya

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement