Advertisement

Jangan Lakukan Ini Saat Anda Belekan! Bahaya

Chelin Indra Sushmita
Senin, 29 April 2019 - 05:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jangan Lakukan Ini Saat Anda Belekan! Bahaya Ilustrasi mata merah (Youtube)

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO--Anda pernah mengalami belekan atau konjungtivitis? Pasti sangat menganggu bukan?

Mata belekan ditandai dengan kondisi mata merah, berair, dan terus mengeluarkan kotoran terus-menerus. Kondisi ini jelas sangat mengganggu aktivitas harian. Bahkan penyakit mata ini juga paling mudah menular.

Advertisement

Konjungtivitis merupakan peradangan selaput bening di bagian dalam kelopak mata. Peradangan ini menyebabkan mata bengkak dan memerah. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah pembuluh darah menjadi lebih jelas.

Dikutip dari Pop Sugar, Minggu (28/4/2019), belekan terjadi akibat infeksi virus atau bakteri, alergi, dan iritasi akibat benda asing. Konjungtivitis akibat infeksi virus tersebut harus segera diobati. Sebab, penyakit ini sangat mudah ditularkan baik melalui kontak langsung maupun tidak.

Sementara belekan akibat benda asing akan sembuh dengan sendirinya dalam satu hingga dua hari. Belekan ini bisa jadi disebabkan penggunaan lensa kontak yang kurang bersih. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Kompres mata dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat tiga kali sehari. Pastikan Anda tidak menggunakan kain yang sama untuk mengompres mata sehat. Hentikan pemakaian lensa kontak. Pakailah kacamata bersih untuk mengindari kontak langsung dengan orang lain.

Pastikan semua barang yang dipakai bersih. Jangan terlalu sering mengucek mata agar konjungtivitis tidak semakin parah. Jika dalam dua hari kondisi mata tidak membaik, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Dokter bakal memberikan obat yang sesuai dengan penyakit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : solopos.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Soimah Pancawati Masuk Radar Calon Bupati Bantul, PDIP Akan Sodorkan Formulir

Bantul
| Jum'at, 19 April 2024, 18:32 WIB

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement