Advertisement

Luar Biasa, Ini Manfaat Kalau Ibu Membacakan Buku untuk Bayinya Pasca Melahirkan

Newswire
Selasa, 30 April 2019 - 07:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Luar Biasa, Ini Manfaat Kalau Ibu Membacakan Buku untuk Bayinya Pasca Melahirkan Ilustrasi bayi baru lahir. - Ist/ dok

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Temuan baru menunjukkan bahwa ibu yang membacakan buku untuk bayi mereka pasca melahirkan akan lebih bisa mengatasi depresi. 

Susan Almarode, seorang mahasiswa di University of Virginia School of Nursing's Doctor of Nursing Practice program, menemukan bahwa membaca untuk bayi, terutama bayi yang berada di unit perawatan intensif neonatal (NICU), dapat membantu ibu menghindari depresi dan stres.

Advertisement

Dilansir Motherly, sekitar 40% ibu dengan bayi di NICU menderita depresi pasca persalinan, dibandingkan dengan sekitar 12% ibu Amerika pada umumnya. Kondisi depresi dan stres ini dapat meningkat ke tingkat yang tak terbayangkan ketika bayi baru Anda membutuhkan perawatan NICU.

Selama empat minggu, Almarode mempelajari 13 ibu dari bayi NICU yang membaca untuk anak-anak mereka setidaknya selama 30 menit, tiga kali seminggu.

Hasilnya, kegiatan membaca untuk bayi yang dilakukan ibu, mengurangi tingkat depresi dan stres pasca persalinan pada mereka, serta meningkatkan ikatan mereka dengan bayi mereka.

Sementara untuk bayi, hal ini meningkatkan saturasi oksigen darah bayi, khususnya selama sesi membaca dan dalam 30 menit setelahnya.

Jika membaca untuk bayi dapat memperkuat ikatan dengan orang tua dan mengurangi stres juga depresi bagi ibu, tampaknya program membaca di NICU harus benar-benar didorong, terutama jika itu mengurangi depresi pascapersalinan.

Bayi yang baru lahir mungkin tidak memahami kisah yang diceritakan ibu mereka, tetapi mereka akan mengerti bahwa mereka dicintai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PENINGKATAN KAPASITAS SDM WISATA: Dispar DIY Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Event

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Dugaan Pelanggaran Wewenang, Wakil Ketua KPK Laporkan Anggota Dewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement