Puasa? Harus Tetap Jaga Kebutuhan Cairan Lho, Ini Caranya

Air putih - boldsky.com
07 Mei 2019 02:37 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Saat puasa Ramadan, penting bagi kita untuk menjaga kebutuhan cairan karena kita menjalani puasa makan dan minum selama 13-14 jam sehari. Tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik apabila tidak terhidrasi dengan baik.

Menurut dokter spesialis gizi dari RS Pondok Indah-Pondok Indah Jakarta kebutuhan cairan pada saat berpuasa sama halnya dengan kebutuhan cairan pada hari biasa. Sayangnya banyak orang gagal memenuhi kebutuhan cairan karena tidak mengatur jadwal minum dengan baik.

Berikut ini panduan jadwal minum air saat berpuasa:

1.      Saat berbuka puasa (2 gelas)

Silakan minum air putih sebanyak 1 gelas saat waktu berbuka puasa tiba. Setelah berbuka puasa, misalnya setelah salat, silakan minum segelas air putih lagi. Dalam hal ini Anda bisa minum jus untuk menaikkan kadar gula darah yang sempat turun saat berpuasa.

2.      Sebelum makan malam (3 gelas)

Silakan minum air putih segelas sebelum makan malam. Lalu, pastikan untuk minum air 2 gelas lagi setelah makan makan malam.

3.      Menjelang tidur (1 gelas)

Untuk memenuhi kebutuhan cairan yang cukup, sebelum tidur sebaiknya minum air putih segelas lagi.

4.      Sahur (3 gelas)

Ketika bangun tidur, sebaiknya minum air 1 gelas. Nah, setelah jadwal sahur tiba, silakan minum air putih 1 gelas sebelum makan dan 1 gelas lagi setelah makan sahur.

Sumber : bisnis.com