Advertisement

Ramadan, Kuku Juga Harus Diperhatikan! Begini Caranya ...

Newswire
Rabu, 08 Mei 2019 - 05:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ramadan, Kuku Juga Harus Diperhatikan! Begini Caranya ... Ilustrasi perawatan kuku. - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Saat Ramadan, kebersihan kuku juga harus diperhatikan. Sebab, kuku juga sering mengalami banyak masalah selama bulan Ramadan, bisa karena kekurangan cairan atau dehidrasi yang kita rasakan selama berpuasa 

Dehidrasi dan kekurangan cairan selama berpuasa, tak jarang menyebabkan berbagai masalah pada kuku saat Ramadan. 

Advertisement

Untuk mencegah hal tersebut, berikut beberapa solusi agar kerusakan kuku tidak  terjadi selama bulan Ramadan, sehingga Anda dapat memiliki kuku yang sehat sepanjang bulan, dilansir dari Fustanyn.

1. Cobalah untuk tidak mencuci piring tanpa memakai sarung tangan, karena paparan air dan sabun yang berlebihan dapat menyebabkan kuku mudah patah dan pecah.

2. Begitupula saat memasak. Disarankan Anda juga tetap mengenakan sarung tangan saat memasak, terutama saat Anda memotong sayuran atau daging.

3. Saat Anda mengikir kuku, kikir secara diagonal dan tidak secara vertikal, karena itu juga melemahkan kuku dan menyebabkan kuku patah.

4. Cobalah untuk memasukkan dalam makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin ketika waktu sahur dan berbuka puasa. Nutrisi tidak langsung sangat penting dan dapat berdampak besar pada kesehatan kuku Anda.

5. Ketika menggunakan cat kuku, jauh lebih baik menggunakan base coat terlebih dahulu, terutama mantel dasar yang mengandung komponen alami seperti protein untuk membantu kuku tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Coba juga temukan merek cat kuku berkualitas tinggi, agar tetap aman.

6. Rutinitas perawatan tangan Anda sangat penting pada saat berpuasa. Pastikan melembapkan tangan sebelum tidur dan oleskan minyak kutikula sebanyak yang Anda bisa.

7. Jika Anda akan melakukan banyak pekerjaan di rumah, Anda harus meluangkan waktu untuk merendam tangan dalam campuran lemon dan minyak zaitun. Ini akan melindungi kuku Anda dan membantu mereka tumbuh.  Jika Anda tidak punya cukup waktu, Anda bisa melembabkan tangan dengan sedikit air mawar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Polisi Temukan 3 Proyektil Peluru di Jasad Wanita Korban Penembakan di Kapus Hulu Kalbar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement