Advertisement

Peselingkuh Cenderung Ulangi Perbuatannya

Newswire
Sabtu, 11 Mei 2019 - 04:17 WIB
Maya Herawati
Peselingkuh Cenderung Ulangi Perbuatannya Ilustrasi selingkuh - ist

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Perselingkuhan bukan hal baru namun terasa selalu baru. Persoalan perselingkuhan bisa jadi adalah pil paling pahit dalam hubungan cinta. Sebagian besar pasangan cinta bahkan berpisah karena persoalan ini.

Namun ada pula yang memilih bertahan dan memberikan kesempatan kedua bagi pasangannya. Akan tetapi, apakah bisa dijamin seseorang yang pernah selingkuh tidak akan mengulangi tindakannya di kemudian hari? Bahkan ada ungkapan yang menyatakan “Sekali berselingkuh akan tetap selingkuh”. Peneliti dari University of Denver mencoba menjelaskan hal tersebut.

Advertisement

Mereka melibatkan 484 orang peserta penelitian dimana 68 persen di antaranya adalah perempuan. Peserta penelitian diminta menjawab pertanyaan tentang beberapa hubungan romantis yang pernah mereka jalani. Hasilnya sebanyak 44% melaporkan pernah bercinta dengan orang lain di luar hubungan yang sedang dirajut. Sementara 30% mengatakan mengetahui jika pasangannya tidak setia.

Selingkuh

Tim peneliti juga menemukan mereka yang mengaku pernah berselingkuh memiliki kemungkinan lebih dari tiga kali lipat untuk berselingkuh lagi di hubungan lain. Selain itu, orang-orang yang mengetahui pasangannya pernah berselingkuh sebelum menjalani hubungan dengan mereka mendapati peristiwa yang sama dimana pasangan kembali tidak setia. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior ini juga didukung oleh penelitian pada 2016 yang mengungkapkan hal senada.

Meski begitu, masih ada peluang bagi orang-orang yang pernah berselingkuh untuk berubah. Oleh karenanya, Anda tidak perlu khawatir untuk menjalin hubungan dengan seseorang yang pernah memiliki masalah ketidak setiaan. Namun memang ada hal-hal yang perlu diwaspadai.

Menurut psikolog klinis Frank Dattilio, Ph.D., guna mencegah terjadinya perselingkuhan, calon pasangan harus mendiskusikan tentang hal tersebut.

Seperti dilansir Pulse, belum lama ini jika ada salah satu pihak yang menolak untuk membicarakan hal tentang selingkuh, maka sebaiknya hubungan tidak ditingkatkan. Sebaliknya, jika diskusi berjalan dengan baik, maka ada harapan hubungan akan berlangsung baik pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement