Air Mawar Punya Banyak Manfaat untuk Kulit dan Tubuh, Ini Daftarnya

Ilustrasi air mawar - ist
15 Mei 2019 04:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Air mawar selama ini dikenal sebagai bahan untuk menjaga kecantikan. Selain untuk membantu membersihkan kulit wajah dari tebalnya make up, air mawar juga punya manfaat lain bagi kulit dan rambut.

 Seperti yang dilansir dari Boldsky, inilah beberapa khasiat dan kegunaan mawar untuk kulit maupun rambut, belum lama ini:

Menyembuhkan jerawat

Hal ini karena air mawar dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah dan membantu menyeimbangkan Ph, ini akan mempercepat proses penyembuhan jerawat serta bekasnya. Untuk penggunaan sehari-hari, cukup tambahkan satu sendok teh air mawar dan satu sendok teh jus lemon. Oleskan cairan ini menggunakan kapas pada area yang berjerawat untuk mengurangi jerawat dan bekasnya.

Mencegah kulit kering

Kulit kering adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi kebanyakan orang. Ada beberapa solusi untuk mencegah kulit kering, namun air mawar merupakan salah satu solusi terbaik yang dapat Anda gunakan dalam bentuk toner. Hal ini akan membuat kulit terlihat muda dan segar dengan menjaga keseimbangan pH.

Untuk menggunakannya, tambahkan dua sendok makan air mawar dan satu sendok makan gliserin, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Kocok, agar semua bahan tercampur rata. Semprotkan di wajah Anda sebagai toner sebelum menggunakan pelembab. Gunakan ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Agar tahan lama dan tetap segar, Anda dapat menyimpannya di kulkas.

Membuat bibir menjadi lembut

Air mawar dapat membuat warna bibir menjadi lebih rata, dan secara alami hal itu juga membuat warnanya menjadi lebih cerah. Cara menggunakannya, potonglah beberapa buah bit dan keringkan di bawah sinar matahari. Kemudian haluskan buah kering hingga menjadi bubuk. Tambahkan sedikit bubuk buah bit dengan satu sendok makan air mawar. Oleskan campuran kental ini ke bibir dan biarkan kering selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air suam-suam kuku. Lakukan perawatan ini sekali sehari, karena akan membuat bibir Anda menjadi lebih lembut dan merona.

Menghilangkan tumit pecah-pecah

Air mawar dan gliserin dapat dikombinasikan untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah. Cara menggunakannya, ambil air dan gliserin dalam jumlah yang sama banyak. Kemudian, gosokkan campuran ini ke kaki Anda setiap hari sebelum tidur. Bilas dengan air hangat keesokan harinya. Gunakan ini sesuai kebutuhan.

Mengurangi kantung mata

Jika Anda menjalani banyak aktivitas, dan mata Anda terasa lelah, air mawar dapat mengurangi kantung mata tersebut. Caranya, celupkan kapas ke dalam air mawar yang dingin dan oleskan ke seluruh kulit mata dengan lembut. Ini akan mengurangi bengkak di bawah mata Anda dan juga membantu mencegah peradangan.

Sumber : Okezone