Advertisement

Jokowi Beberkan 4 Rahasia Kebal Penyakit, Salah Satunya Tidak Banyak Curhat

Newswire
Rabu, 15 Mei 2019 - 07:37 WIB
Nina Atmasari
Jokowi Beberkan 4 Rahasia Kebal Penyakit, Salah Satunya Tidak Banyak Curhat Presiden Joko Widodo (kiri) dipersilakan oleh Ketua DPR Bambang Soesatyo (kanan) setibanya di rumah dinas ketua DPR untuk berbuka puasa bersama dengan pimpinan lembaga tinggi negara di Jakarta, Senin (13/5/2019). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Banyak aktivitas yang harus dilakukan membuat Presiden Joko Widodo harus menjaga staminanya. Ia berulangkali ditanya terkait jurus rahasia agar tidak gampang sakit meskipun banyak melakukan aktivitas dan pekerjaan.

Jokowi dikenal peminum jamu temulawak. Hal ini sudah dikatakannya beberapa kali, ramuan temulawak dicampur jahe biar anget. Itu rahasia pertama. 

Advertisement

“Rahasianya ada empat, yang pertama minum temulawak setiap pagi. Kalau mau agak enak campur jahe sedikit. Itu yang pertama,” kata Presiden Joko Widodo saat bersilaturahmi sekaligus berbuka puasa bersama para wartawan yang bertugas di lingkungan Istana Kepresidenan di Restoran D'Cost VIP di bilangan Abdul Muis, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Namun meski disampaikan berkali kali, kata Jokowi, belum banyak yang mengikuti jejaknya menjadi peminum jamu temulawak.

Rahasia kedua, Jokowi bercerita tentang pikiran. Biar tidak gampang sakit, katanya, yakni mengendapkan pikiran ketika banyak persoalan yang tidak juga terselesaikan.

“Bahasa Jawanya ngendepke pikir, saat banyak persoalan tidak selesai endapkan pikiran. Itu saja, mengendapkan pikiran,” ujarnya.

Hal itulah, kata dia yang membuatnya kemudian tidak banyak curhat kepada orang lain yang kerap malah menjadikan suatu masalah menjadi lebar dan justru tidak terselesaikan.

Saat ditanya wartawan apakah ia banyak curhat kepada sang istri Iriana Joko Widodo, Jokowi hanya menggelengkan kepala.

“Mengendapkan pikiran saja,” katanya sambil tersenyum.

Kemudian rahasia sehatnya yang ketiga yakni tidur yang cukup dalam setiap kesempatan yang memungkinkan. “Tidur banyak. Bukan banyak tidur ya. Dalam perjalanan di mobil 15 menit, di pesawat setengah jam. Itu cukup,” katanya.

Hal terakhir yang membuatnya senantiasa sehat selama hampir lima tahun menjabat sebagai Presiden RI yakni banyak bersyukur. “Bersyukur, ini gampang diucapkan tapi sulit dilakukan,” tambahnya.

Jokowi mengaku sangat bersyukur dalam hampir lima tahun terakhir, ia tidak pernah mengalami sakit yang mengganggu.

“Kalau sudah mulai terasa tidak enak, saya langsung istirahat, langsung tidur,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Duh, Desentralisasi Sampah DIY Mundur Lagi Menjadi Mei 2024

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement