Advertisement

PARENTING: Sebaiknya Beri Tahu Kondisi Keuangan Anda kepada Anak-Anak

Newswire
Minggu, 19 Mei 2019 - 05:17 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Sebaiknya Beri Tahu Kondisi Keuangan Anda kepada Anak-Anak Ilustrasi tabungan - ist/though nickel

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO-Anda bisa jadi sangat sayang kepada anak sehingga tak membiarkan mereka tahu kondisi Anda yang sebenarnya sebagai orang tua. Padahal cara itu tidak sepenuhnya benar. Ada hal-hal yang anak-anak harus tahu agar mereka juga belajar menghadapi realita kehidupan.

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya tak disembunyikan oleh orang tua:

Advertisement

Saat Menangis
Dalam beberapa momen tertentu, seperti terharu, sedih, orang tua pasti tak bisa menahan emosi di depan anak. Tak perlu bersembunyi dari anak saat menangis.
"Anak-anak akan tahu kalau semua orang bisa menangis, tak masalah untuk mengeluarkan emosi. Justru dengan [melihat] orang tua menangis di depan anak menunjukkan pada mereka, hal yang sangat normal dan manusiawi, tak perlu ada yang ditutupi," ujar Susan Stiffelman, penulis buku Parenting With Presence: Practices for Raising Conscious, Confident, Caring Kids.

Kerja keras
Biarkan juga si kecil melihat orang tua mereka bekerja keras. Mereka akan melihat sendiri orang tua mereka menjalani proses yang begitu sulit dan panjang hingga mendapatkan apa yang diinginkan.
"Ketika orang tua sedang bekerja keras, lelah, jatuh, dan berusaha lagi, anak akan melihat dengan mata kepalanya sendiri. Ini semacam pelajaran yang tak akan mereka dapatkan di bangku sekolah, justru akan sangat baik jika didapatkan dari orang tua mereka," ujar Stiffelman.

Membuat anggaran
Untuk anak-anak yang sudah di usia sekolah dasar, libatkan mereka dalam mengatur keuangan keluarga. Seperti membuat anggaran dan perencanaan belanja. Menulis keperluannya yang harus dibeli.
"Banyak anak yang tak memiliki skill keuangan yang mumpuni, ketika dewasa dan jauh dari orang tua, mereka kebingungan. Untuk itu sedari kecil libatkan anak dalam membuat anggaran keluarga. Jangan beranggapan urusan uang adalah urusan orang tua, tapi lebih baik urusan semua anggota keluarga," kata Stiffelman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 25 April 2024: Kasus Penggelapan Pajak hingga Sosialisasi Tol Jogja-YIA

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement