Advertisement

PARENTING: Keputusan Menambah Anak Sebaiknya Melibatkan si Calon Kakak

Iskandar
Selasa, 21 Mei 2019 - 05:17 WIB
Maya Herawati
PARENTING: Keputusan Menambah Anak Sebaiknya Melibatkan si Calon Kakak Ilustrasi anak dan orang tua - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, SOLO -- Menambah momongan tak hanya harus mempersiapkan finansial, melainkan juga perlu mempersiapkan kondisi psikologis anak yang lain. Hal ini perlu dilakukan agar anak yang lain siap menerima kehadiran adik baru.

Menurut dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Soleh Amini Yahman, suatu keluarga yang ingin menambah momongan sangat perlu mempersiapkan anak agar siap menerima adik baru atau saudara baru. Hal ini bisa dilakukan sejak ibu mengalami kehamilan.

Advertisement

Diharapkan dengan mempersiapkan psikologis anak sejak dini akan meminimalisasi dampak buruk pada anak. Menyinggung cara memberikan pengertian kepada anak, Soleh mengatakan bisa dimulai dengan mengenalkan anak pada calon adiknya yang masih di dalam kandungan.

Hal itu bisa diawali dengan menasihati atau memberi tahu kakak bahwa tak lama lagi akan menjadi kakak. Tak hanya itu, kata Soleh, katakan kepada anak tersebut bahwa saat ini adiknya masih di dalam perut ibu. Sebaiknya hal itu dilakukan berkali-kali agar anak tersebut bisa memahami.

Sementara itu psikolog Maria Limyati saat menanggapi hal yang sama mengungkapkan, untuk calon kakak perlu dipersiapkan agar dapat menerima adik barunya. Dia mengakui rasa tersaingi pada diri kakak tidak akan terhindarkan. Namun hal ini pasti terjadi.

Tapi, ujar dia, orang tua bisa meminimalkan rasa tersaingi itu dengan mulai mengajaknya berkomunikasi dengan calon adik sejak masih dalam kandungan. “Ajak si calon kakak saat mengantar ibu periksa kandungan, melihat saat ibu di-USG, dialog dengan ayah dan ibu mengenai persiapan hadirnya adik baru dan sebagainya,” papar Maria kepada Solopos.com, belum lama ini.

Saat ibu melahirkn nanti, kata dia, semua perhatian akan tertuju pada si jabang bayi. Karena itu orang tua mungkin bisa berpesan kepada orang yang menjenguk agar si kakak pun diberi perhatian. Misalnya bisa diberikan hadiah khusus untuk si kakak atas kelahiran adiknya dan seterusnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Solopos

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Puluhan Kilogram Bahan Baku Petasan Disita Polres Bantul

Bantul
| Kamis, 28 Maret 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement