Advertisement

Mau Seperti Luna Maya yang Menghindari Nasi di Bulan Puasa? Simak Dulu Info Berikut Ini

Newswire
Jum'at, 24 Mei 2019 - 14:27 WIB
Nina Atmasari
Mau Seperti Luna Maya yang Menghindari Nasi di Bulan Puasa? Simak Dulu Info Berikut Ini Luna Maya. - Ist/ Instagram

Advertisement


Harianjogja.com, JOGJA-- Di bulan puasa, sejumlah artis menerapkan pola makan tertentu. Salah satunya Luna Maya. Ia memiliki trik khusus dalam mengatur pola makannya selama puasa Ramadan 2019. Artis cantik ini selalu minum teh hangat saat berbuka puasa.

Setelah minum teh hangat, Luna Maya akan mengonsumsi 3 kurma dan makan kolak jika ada. Menurutnya, mengonsumsi makanan dan minuman manis setelah puasa seharian sangat perlu.

Advertisement

Tetapi, Luna Maya mengaku tetap menghindari makan nasi selama bulan puasa. Sebab, ia merasa sudah terlalu banyak asupan manis saat berbuka puasa sehingga perlu menghindari makan nasi.

"Makannya juga bukan nasi gitu sih, ya lebih kayak lauk aja. Tapi aku stop makan di jam 12 dan jam 1. jadi aku nggak sahur, sahurku air putih aja sama buah palingan," ungkap Luna Maya saat ditemui di acara Shopee Big Ramadan TV Show, di kawasan Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Tak hanya Luna Maya, beberapa orang mungkin juga menghindari makan nasi selama bulan puasa karena alasan tertentu, salah satunya takut berat badan naik.

Tetapi, apakah menghindari makan nasi benar-benar menyehatkan tubuh?

Nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat penting bagi tubuh. Semua manusia tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi sehari-hari.

Tapi, banyak orang juga menganggap nasi sebagai penyebab utama kenaikan berat badan, terutama nasi putih.

Melansir dari livewell.jilianmichaels.com, menghilangkan satu makanan dengan tujuan menurunkan berat badan tidak akan membuahkan hasil yang efektif.

Contohnya, jika kamu mengonsumsi sayuran, buah dan protein dengan tidak makan nasi sama sekali. Hal itu bukan cara yang tepat dalam menjalankan program diet.

Sebab tubuh kita tetap membutuhkan asupan kalori sebagai sumber energi dan kita hanya perlu menekan jumlahnya jika ingin menjaga berat badan tetap ideal.

Bahkan penelitian menunjukkan rpogram diet bukan berarti sepenuhnya menghindari kalori. Tetapi, kita justru tetap membutuhkan setidaknya 45-65 persen kalori saat menjalankan program diet.

Kita juga bisa mengganti asupan kalori dari nasi putih dengan makanan berkalori lainnya seperti nasi merah, kentang dan sebagainya.

Melansir dari hellosehat.com, pun menyatakan hal yang sama. Sebenarnya diet rendah karbohidrat sendiri bukan berarti tidak mengonsumsi karbohidrat, tapi cukup dengan mengurangi asupan karbohidrat dari biasanya.

Tidak makan nasi atau sumber karbohidrat lain membuat anda merasa kelelahan, dan tidak enak badan ketika beraktivitas seharian. Kebiasaan ini juga justru akan merusak program diet anda.

Telah dibuktikan bahwa tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali saat diet justru membuat anda lebih sulit menurunkan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Jumat 19 April 2024, Timnas Indonesia Kalahkan Australia, Bus Terbakar di Gamping

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement