Advertisement

Dana Terbatas, Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Arus Balik..

Dewi Andriani
Minggu, 09 Juni 2019 - 11:17 WIB
Sunartono
Dana Terbatas, Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Arus Balik.. Objek wisata Salupajaan di Desa Bateatangga Kecamatan Binuang Kabupaten Polewali Mandar. - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Lebaran telah usai, berkunjung dan bersilaturahmi dengan sanak saudara atau teman-teman di kampung halaman pun menjadi cerita tersendiri dan momen berkesan yang didapat setiap mudik lebaran. 

Untuk para pemudik, kini saatnya bersiap kembali ke daerah perantauan masing-masing.

Advertisement

Saat mudik, para pemudik akan lebih fokus untuk cepat sampai ke daerah tujuan. Sebaliknya, saat arus balik tiba, mereka cenderung memiliki waktu luang lebih untuk menikmati sisa waktu berlibur bersama keluarga sehingga menghadapi perjalanan arus balik mudik pun membutuhkan persiapan yang matang.

Namun, bagaimana menyiasati kondisi bonus THR yang mulai menipis ketika hendak kembali ke kota tujuan asal. Bagi para pemudik yang akan melakukan perjalanan arus balik Trans-Sumatra, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membuat perjalanan pulang bersama keluarga tetap menyenangkan meski budget terbatas:

1. Yeay, Saatnya Wisata Kuliner!

Saat Anda melakukan perjalanan arus mudik, tentu Anda masih dalam kondisi berpuasa sehingga tidak bisa banyak berhenti dan leluasa untuk menikmati kuliner yang ada. Kini, ketika arus balik mudik saatnya Anda dan keluarga mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di jalur mudik. Berikut beberapa rekomendasi kuliner khas tiap daerah yang bisa Anda coba mulai dari Lampung - Padang: Sate Danguang-Danguang di Padang, Pempek Pak Raden di Palembang, Pondok Gurih di Pekanbaru, dan  Mi Khodon di Bandar Lampung.

2. Kunjungi Objek Wisata Terdekat

Jangan khawatir dengan budget yang terbatas, Anda masih bisa mengunjungi beberapa objek wisata terdekat yang dilalui jalur Trans-Sumatra. Masih banyak objek wisata tradisional tersebar di wilayah jalur Trans-Sumatra mulai dari wisata alam, religi, hingga museum yang seru dan tetap ramah di kantong.

Dari sisi selatan, sebelum mencapai kota Bandar Lampung, Anda dapat mengunjungi beberapa keindahan alam seperti Pesisir Kalianda dan Pantai Gigi Hiu di daerah Tanggamus,  yang unik karena susunan batuannya yang menyerupai gigi ikan hiu. Atau, jika Anda seorang pehobi olahraga ekstrem selancar, ada bisa menikmati ombak besar di Pantai Krui. Pantai yang langsung menghadap ke samudra ini memiliki ombak nomor tujuh tertinggi di dunia.

Beralih ke Sumatra Selatan, di kota Palembang anda bisa mengunjungi ikon dari kota tersebut yaitu Jembatan Ampera. Jembatan Ampera berada di tengah pusat kota yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan seberang IIir. Di kawasannya terkenal akan kuliner khas Palembang yang sangat popular dan Jembatan Ampera menjadi semacam Ikon atau lambang kota. Jika anda ingin wisata alam, di daerah ini terdapat Danau Ranau di kabupaten Ogan Komering Ulu, yang merupakan danau terbesar kedua di Sumatra.

Berlanjut ke Sumatra Barat, jangan lupa untuk melewati Kelok Sembilan di kota Payakumbuh. Jalanan ini adalah rute terkenal yang terdiri dari jalan berkelok yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau. Di tengahnya, ada jembatan layang sepanjang 2,5 kilometer. Di kota Pekanbaru, Istana Siak Sri Indrapura juga bisa jadi pilihan untuk mengisi hari libur lebaran. Bangunan yang mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab dan Melayu ini dibangun pada tahun 1889.

Sekarang, kita berhenti di Sumatra Barat. Kota Padang, selain terkenal akan kulinernya juga terkenal akan keindahan alamnya. Salah satu tujuan wisata yang masih baru adalah Taman Wisata Banto Rayo Koto Tangah, dimana Anda dapat meniti jembatan kayu di antara hutan bakau. Selain itu, anda juga dapat melakukan wisata rohani mengingat momen bulan Ramadan yang cukup tepat, salah satu contohnya adalah Masjid Tuo Kayu Jao merupakan masjid tertua di Minangkabau, yang usianya sudah mencapai lebih dari 400 tahun.

3. Staycation di Kota Anda singgah, kenapa tidak?

Terlalu lelah menyetir dalam perjalanan dapat meningkatkan potensi kecelakaan di jalan. Setelah mencicipi kuliner khas dan mengunjungi objek wisata, tidak ada salahnya jika Anda bermalam di kota dimana Anda singgah sembari melepas lelah. Berkat kehadiran teknologi, kini Anda hanya membutuhkan smartphone untuk memesan akomodasi terdekat dengan kualitas yang baik dan harga yang nyaman di kantong.

Meta Rostiawati, Head of PR and Communications OYO Indonesia, mengatakan OYO sebagai jaringan hotel melihat arus balik setelah mudik sebagai kesempatan untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik untuk menemukan berbagai pilihan akomodasi  dengan harga terjangkau. 
"Sepanjang jalur Trans-Jawa, kami memiliki 49 properti mitra OYO di kota-kota utama di jalur mudik Trans-Sumatra seperti Lampung, Palembang, Pekanbaru, dan Padang sehingga para pemudik tidak perlu khawatir mencari tempat menginap yang layak," ujarnya dalam rilis yang diterima Bisnis. 

4. Jika bosan dalam kendaraan, cobalah permainan sederhana ini

Ada beberapa permainan sederhana yang bisa Anda lakukan, terutama jika Anda membawa anak kecil dan keluarga. Permainan “ABC 5 dasar” dimana Anda mencari benda-benda yang berawalan sesuai alphabet adalah salah satu contoh yang populer. Contoh permainan lain adalah permainan tebak plat nomor, dimana Anda harus menebak singkatan dari plat nomor kendaraan-kendaraan yang anda lewati. Sebagai contoh, RAP adalah singkatan dari “Rindu aku padamu”, and DAL bisa menjadi “Duh Aku Laper”.

5. Cek kendaraan dan jaga kesehatan Anda 

Setelah melakukan perjalanan mudik yang panjang, tentu kendaraan Anda perlu penyegaran kembali untuk mempersiapkan perjalanan kembali ke perantauan. Jangan lupa mengecek kembali oli mesin, tekanan angin dan kualitas ketebalan ban, serta semua lampu-lampu kendaraan Anda. Sementara itu, momen Lebaran menjadi salah satu ajang bagi kita untuk menyantap berbagai hidangan saat silaturahmi.

Hal ini mungkin bisa berdampak pada kesehatan kita, seperti kondisi tekanan darah, kolesterol, dan lambung. Ada baiknya sebelum melakukan perjalanan arus balik, Anda memeriksa kondisi kesehatan terutama bagi para pengemudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 15:12 WIB

Advertisement

alt

Mendag Sebut Kemendag Tak Tinggal Diam Mengetahui Perdagangan Pakaian Bekas Impor Kembali Marak

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement