Advertisement

Ini Dampak Anak Salah Pilih Jurusan, Nomor 5 Bisa Bikin Malu

Eva Rianti
Selasa, 18 Juni 2019 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ini Dampak Anak Salah Pilih Jurusan, Nomor 5 Bisa Bikin Malu Ilustrasi - Webmd

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Sebanyak 87% mahasiwa Indonesia salah jurusan. Hal itu disampaikan oleh psikolog anak dan remaja Nyi Mas Diane mengutip penelitian Irene Guntur, M.Psi., CGA-Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF).

Diane menjelaskan adanya beberapa dampak yang dialami oleh para mahasiswa akibat kondisi salah jurusan. Jika Anda memiliki anak yang masih kuliah dan kemungkinan merasa salah jurusan, ketahuilah beberapa dampak berikut. 

Advertisement

“Pertama, kesulitan menjalankan perkuliahan. Kedua, tertekan, stres, lelah secara fisik dan mental,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (17/6/2019).

Dampak ketiga adalah prestasi akademik rendah dan menurunkan motivasi. Selanjutnya, anak yang ambil salah jurusan akan menjalani masa kuliah yang lama, namun tidak menghasilkan apa-apa.

“Kelima, berisiko kena drop out karena nilai atau masa belajar,” lanjut penulis buku ‘Didiklah Anak Sesuai Zamannya’ tersebut.

Adapun, yang keenam adalah harus mencari jalan karier yang baru setelah sarjana. Terakhir, dapat terjebak di karier yang salah sepanjang hidup.

“Sudah saatnya Ayah dan Bunda membantu putra dan putri dalam menemukan bakat yang menjadi kekuatan diri ananda, karena kekuatan ananda adalah sumber kebahagiannya kelak,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Tetap Usung Abdul Halim Muslih untuk Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Video Viral Kejadian Unik, Truk Melaju Tanpa Sopir di Tol Kalikangkung Semarang

News
| Kamis, 18 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement