Advertisement

Terlalu Higienis Justru Membuat Gampang Sakit

Ria Theresia Situmorang
Selasa, 18 Juni 2019 - 15:47 WIB
Nina Atmasari
Terlalu Higienis Justru Membuat Gampang Sakit Dokter Spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Sistem Imun RS Premier Bintaro, dr. Prasba Pramitha, Sppd, K-AI, FINASIM, MARS saat ditemui di Sequis Center pada Selasa (18/6/2019) - Ria Theresia

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Dokter spesialis Penyakit Dalam & Konsultan Alergi Sistem Imun RS Premier Bintaro, dr. Prasba Pramitha, Sppd, K-AI, FINASIM, MARS, menyebut terlalu bersih dan higienis membuat orang cepat sakit.

Ditemui di Sequis Center pada Selasa (18/6/2019), dr. Prasba membenarkan kalau ternyata kebiasaan sedikit kotor bisa membuat kita jauh lebih sehat.

Advertisement

"Oh itu bener sih jadi ada salah satu teori seperti itu. Jadi kita itu harus agak jorok, kita itu memang kalau membiasakan terlalu steril, akhirnya bisa aja jadi mudah sakit," ungkapnya.

"Contoh misalnya, orang yang nggak biasa makan kotor, tiba-tiba dia makan, langsung deh dia sakit. Jadi pokoknya kita hidup agak lebih kotor," sambungnya.

Jenis kotor menurutnya adalah dengan membiarkan badan membentuk antibodinya sendiri agar lebih tahan terhadap penyakit yang menyerang. 

"Sampai ada yang mandi aja pakai 'aqua', kan itu nggak bener. Mandi tetap mandi seperti biasa air yang ada, jadi dia pun dari tubuh sendiri bisa membentuk antibodi. Akhirnya dengan lingkungannya, kalau dia nggak bisa begitu apa-apa yang terkena, jadi dia sakit," tuturnya. 

Salah satu penyakit yang menurutnya disebabkan oleh kebiasaan terlalu higienis adalah penyakit typus yang biasanya menjangkit penderita yang makan sembarangan.

"Biasanya seperti typus, karena jarang jajan, biasanya bisa juga mungkin flu bisa sering terjadi karena lewat udara. Kalau alergi enggak itu lebih ke genetik dan dari makanan mungkin, atau dari udara itu sebagai faktor pemicunya," ungkapnya.

Sebagai orangtua, anak pun harus dibiasakan untuk berani kotor dan tidak terlalu 'parno' dengan bakteri dan virus karena keduanya tersebut adalah hal yang lumrah bagi anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Dukung Kelestarian Lingkungan, Pemda DIY Mulai Terapkan Program PBJ Berkelanjutan

Jogja
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Hakim Konstitusi Arief Hidayat Tak Terbukti Melanggar Kode Etik

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 16:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement