Advertisement

Berkebun Beri Manfaat Bagi Kesehatan Mental

Eva Rianti
Minggu, 23 Juni 2019 - 10:17 WIB
Sunartono
Berkebun Beri Manfaat Bagi Kesehatan Mental Berkebun bermanfaat untuk kesehatan mental. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Banyak kegiatan yang bisa Anda dilakukan di akhir pekan. Salah satunya adalah berkebun. Kegiatan outdoor tersebut ternyata memberi banyak manfaat bagi kesehatan mental Anda.

Disadari atau tidak, kegiatan berkebun memberikan banyak pelajaran tentang kehidupan, termasuk dalam mengendalikan stres atau tekanan hidup. Ini merupakan salah satu hal yang membuat mental menjadi lebih sehat.

Advertisement

Berikut beberapa manfaat dari berkebun bagi kesehatan mental, dilansir dari Medicaldaily, Sabtu (22/6/2019). 

Memahami Makna Pertumbuhan

Salah satu manfaat berkebun adalah memberi pelajaran tentang makna berproses.

Seorang ahli kebun yang menginisiasi Joe Gardener, Joe Lamp’l mengungkapkan bahwa melalui berkebun, seseorang akan dapat memahami cara belajar dan tumbuh dari lika-liku kehidupan.

Lamp’l bercerita, ketika berkebun, dia kerapkali melakukan berbagai kesalahan. Dia berusaha menganalisis untuk tahu penyebab kesalahan tersebut.

“Saya memandang kesalahan-kesalahan itu bukan sebagai kesalahan, tetapi sebagai peluang dan kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. Selama saya berkebun, tidak ada kekurangan yang tidak bisa saya pelajari,” jelasnya.

Analogi itu bisa dikaitkan dengan orang-orang depresi yang terbiasa menyalahkan orang lain. Seseorang yang melakukan kegiatan berkebun akan memahami bahwa tidak ada segala sesuatu yang sempurna.

Memberi Perhatian Penuh

Kebun menjadi salah satu tempat yang nyaman bagi orang-orang yang suka berkebun. Lamp’l menjelaskan bahwa waktu di taman itu sakral baginya, dan saat itulah dia menangkal semua gangguan.

Menurutnya, berkebun adalah salah satu cara untuk menyempurnakan seni memberi perhatian. Dengan berkebun, seseorang bisa menjadi sadar meningkatkan produktivitas untuk fokus pada pekerjaan dan memiliki hubungan yang bermakna dengan mengurangi intensitas emosional.

Mengatasi Stres

Ketika berkebun, ada rasa kebahagiaan tersendiri yang muncul dari memandangi dan menyiram tanaman, serta menikmati kehangatan matahari yang memancarkan cahaya ke arah tanaman. Kegiatan itu bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang. Kondisi ini kemudian bisa menurunkan tingkat stres seseorang.

Kegiatan berkebun dapat mengurangi stres karena membantu seseorang untuk memahami tentang keindahan alam. Berkebun juga dapat meningkatkan rasa suka cita melalui penghargaan terhadap hal-hal baik dalam hidup.

Melatih Kesehatan Fisik

Pada saat berkebun, ada gerakan fisik tertentu yang dilakukan, seperti berjongkok, berdiri, berlutut, membungkuk, dan menggali. Oleh sebab itu, berkebun juga bermanfaat untuk melatih fisik. Lamp’l mengatakan, dia berhasil menguatkan otot tanpa sering pergi ke gym.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement