Yuk Ajarkan Anak Kebiasaan Makan Sehat agar Tak Jadi Picky Eater!

Ilustrasi Sayuran - Reuters
05 Juli 2019 13:47 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Di usia prasekolah, anak rentan tumbuh menjadi picky eater atau pemilih makanan. Mereka mulai memilih mana makanan yang disukai dan yang tidak disukainya.

Tapi menurut pemerhati pendidikan anak usia dini, dr. Andyda Meliala, justru di usia sekolah inilah saat yang tepat untuk mengajarkan anak tentang kebiasaan makan sehat.

Lebih lanjut dr. Andyda mengatakan, orangtua bisa memulai dengan pemberian nutrisi seimbang dan menjadikan makan sehat sebagai salah satu rutinitas yang menyenangkan.

"Rutinitas itu akan memberikan rasa aman, sehingga anak akan berani mengeksplor berbagai jenis makanan. Sehingga orangtua bisa memulai ritual makan keluarga yang menyenangkan," ungkap dia.

Untuk menarik perhatian anak, dr. Andyda mengatakan bahwa orangtua bisa mencoba cara-cara yang disukai anak. Tak ada salahnya untuk menggunakan berbagai perlengkapan makan berwarna-warni atau membuat menu khusus favorit si kecil dan bisa meminta mereka menamai dengan tokoh kesukaan.

Selain itu, lanjut dia, orangtua juga bisa berkreasi dengan tampilan dan menu makan bergizi lengkap seimbang setiap hari.

"Anak-anak juga suka dilibatkan, jadi Anda bisa mengajaknya menyiapkan makan pagi dan makan malam, misalnya menyeduh susu atau menata piring," ujar dia lagi.

Jadi, jangan sampai kehilangan momen untuk mengajarkan anak tentang makan sehat, ya

Sumber : Suara.com