Berat Badan Turun dan Kulit Kencang Berkat Sering Ciuman

Foto Ilustrasi awet muda. - Istimewa/Shutterstock
15 Juli 2019 14:27 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Para peneliti percaya bahwa ciuman memberi banyak manfaat daripada sekadar kesenangan romantis. Salah satu di antaranya adalah membuat kulit tetap awet muda.

Mau tahu lebih banyak seputar manfaat ciuman? Berikut seperti yang Suara.com rangkum dari Bright Side.

1. Membantu mempercepat menurunkan berat badan
Anda tentu tahu bahwa untuk menurunkan berat badan, diperlukan upaya berdiet yang diimbangi dengan olahraga. Satu lagi, jangan lupa rajin-rajin ciuman dengan pasangan!

Ciuman ternyata membakar kalori. Studi menyebutkan bahwa ciuman sederhana membakar 2 hingga 3 kalori, sedangkan ciuman penuh gairah bisa membakar 5 hingga 26 kalori per menit.

Jika dilakukan selama 30 menit, itu artinya Anda bisa membakar hingga 150 kalori. Bandingkan dengan berjalan cepat yang hanya membakar 140 kalori per menit.

2. Menjaga kulit wajah tetap kencang dan mencegah keriput
Ternyata, saat kita berciuman, kita menggunakan lebih dari 30 otot wajah yang menjaga pipi kita tetap kencang. Manfaatnya mirip seperti latihan untuk wajah.

Saat otot-otot di wajah bekerja, itu artinya sirkulasi darah di wajah juga ikut meningkat. Hal ini akan memicu produksi kolagen di jaringan kulit yang merupakan pencegah alami untuk melawan keriput.

Itu artinya, rutin berciuman manfaatnya hampir setara dengan berkunjung ke salon kecantikan untuk melakukan perawatan filler atau penghilang kerut lainnya.

3. Menghilangkan stres secara alami
Berciuman secara alami membuat kita merasa santai.

Penelitian telah membuktikan bahwa ciuman meningkatkan kadar bahan kimia alami dalam tubuh seperti oksitosin, zat penenang alami, dan endorfin, bahan kimia yang membuat kita merasa bahagia.

Tak hanya itu, ciuman juga dapat menurunkan kortisol yang terkait dengan stres.

4. Membuat gigi sehat
Berciuman baik untuk gigi Anda karena meningkatkan produksi air liur dan secara alami membersihkan gigi dari bakteri. Hal ini akan mencegah terciptanya kondisi asam di permukaan gigi.

Beberapa dokter gigi bahkan berpikir bahwa air liur dapat membantu memperbaiki kerusakan kecil pada email.

Sumber : Suara.com