Baru Pulang Liburan? Yuk Lakukan Ini Biar Bebas dari Bakteri Berbahaya!

Wisatawan Pantai Trisik yang memilih mandi di kolam renang Pantai Trisik. - Harian Jogja/Beny Prasetya
18 Juli 2019 14:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Bakteri dan kuman berbahaya tak disangka ternyata banyak kita bawa sepulang berlibur.

Dokter Tom Makin mengklaim bakteri dan kuman berbahaya itu bisa mengganggu kesehatan kita ataupun orang-orang yang kita cintai.

Bakteri berbahaya itu salah satunya adalah legionella, yang berkembang di air yang tergenang. Parahnya menurut Makin, bakteri berbahaya seperti legionella cenderung berkembang dalam suhu 20C dan di bawah 45C.

Dia juga mengatakan mereka yang paling berisiko terjangkit bakteri ini adalah perokok dan orang-orang dengan sistem kekebalan yang lebih lemah, seperti mereka yang menderita kanker atau orang tua.

"Kami melihat musim panas yang lebih lama dan lebih panas dan itu akan mendorong bakteri untuk tumbuh," jelas dia seperti yang dilansir Daily Star.

Nah, untuk menjaga tubuh dari berbagai bakteri berbahaya, khususnya legionella, Makin memiliki trik mudah untuk menyapu semua kuman dan bakteri di tubuhnya yang menumpuk selama dirinya berlibur.

Menurut Makin, setiap kali dia pulang setelah beberapa hari berlibur, dia akan mandi di bawah shower atau pancuran selama 20 menit.

“Jika Anda tidak menggunakan shower lebih dari empat hari, lakukan dengan keran air panas dan dingin yang dihidupkan dengan lembut selama 20 menit," saran Makin.

“Dan jika Anda memiliki selang fleksibel, letakkan kepala pancuran langsung di atas plughole, sehingga tidak menghasilkan tetesan di udara," lanjut dia.

Dr. Makin juga menjelaskan, bahwa saat mandi, dia menutup hidung dan mulutnya dengan satu tangan dan menyalakan pancuran dengan tangan lainnya.

Setelah selesai, dia kemudian mematikan shower dan tidak akan kembali ke kamar mandi selama 20 menit atau sampai semua tetesan air di udara menyebar.

Dia mengklaim trik ini dapat membantu melindungi orang dari bakteri berbahaya yang disebut legionella, yang berkembang di air yang tergenang. Namun, membersihkan tubuh dengan cara di atas bisa hindari bakteri berbahaya usai berlibur.

Sumber : Suara.com