Cara Ampuh Hilangkan Jerawat di Tubuh Menurut Ahli

Ilustrasi jerawat di punggung. - Shutterstock
19 Juli 2019 21:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Tak hanya muncul di wajah, jerawat seringkali munul di tubuh dan bikin risih. Area tubuh tertentu yang jadi spot favorit si bintik kecil ini sebagai tempat tumbuh, seperti punggung, lengan atas, dada, bahkan bokong.

Yang pasti, meski letaknya tersembunyi, jerawat di tubuh ini sama mengganggunya seperti jerawat di wajah.

Jangan disepelekan, ya. Karena sesungguhnya, salah satu penyebab jerawat di tubuh adalah faktor higienitas alias kebersihan. Jadi, wajib banget diatasi.

Nah, buat kamu yang punya masalah dengan jerawat di tubuh, simak cara-cara yang disarankan oleh para dermatolog berikut, seperti dilansir dari www.elle.com.

1. Ganti sabun mandi

Sabun mandi ultra-creamy dengan aroma buah mungkin terasa sangat mewah, tetapi itu tidak akan mempan mengatasi masalah jerawat di tubuh kamu. Ganyti sabun mandi kamu dengan sabun yang mengandung asam salisilat (misalnya BHA yang mengelupas lapisan permukaan kulit dan membuka pori-pori untuk mengeluarkan sebum dan kulit mati), glycolic acid (misalnya AHA yang mengikis lapisan atas sel-sel kulit mati untuk mencegah flek serta menghilangkan tanda kemerahan bekas jerawat), serta asam laktat.

"Ketiga jenis asam ini akan menyingkirkan sel-sel kulit mati dari pori-pori," kata dokter kulit yang berbasis di London, Dr. Justine Kluk.

2. Langsung mandi setelah olahraga

"Bakterilah yang menyebabkan jerawat tumbuh subur di kulit yang berkeringat," jelas Dr. Kluk. "Itu sebabnya, penting untuk segera melepas pakaian olahraga dan mandi sesegera mungkin setelah berolahraga."

3. Gunakan scrub sebelum mandi

Saran ini nerlaku buat kamu yang memiliki banyak jerawat di tubuh, setidaknya di lebih dari satu area tubuh. "Jika kamu memiliki banyak jerawat atau komedo di tubuh, menggunakan scrub beberapa kali seminggu sebelum mandi mungkin dapat membantu," saran Dr. Kluk. "Tapi, lakukan dengan lembut dan jangan menggosok kulit keras-keras, ya."

4. Pilih pelembab tubuh yang tepat

Suka pakai body lotion? Jika ya, pastikan kamu memilih pelembab yang tepat untuk mencegah jerawat - yang artinya memilih body lotion yang tidak berminyak.

"Memakai body lotion akan membantu kulit tetap lembap, tetapi pastikan bahwa setiap produk yang kamu oleskan berlabel non-comedogenic," saran Dr. Kluk. Ini jaminan bahwa produk yang kamu oleskan tidak akan menyumbat pori-pori.

5. Hindari memencet jerawat

Lebih baik, fokus pada perawatan kulit untuk menghilangkan jerawat daripada memencet jerawat. "Apapun yang kamu lakukan, jangan memencet atau menggaruk jerawat," kata Dr. Kluk. “Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan menimbulkan jaringan parut. Sebaliknya, oleskan benzoil peroksida atau gel asam salisilat ke jerawat."

Kamu bisa membeli krim benzoil peroksida tanpa resep dokter. Krim ini dapat membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat, tetapi memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit.

6. Jangan malas berganti pakaian

Keringat dan bakteri yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Itu sebabnya, Dr. Kluk menyarankan untuk selalu sedia pakaian cadangan yang bersih (terutama pakaian dalam) kalau-kalau kamu merasa sangat berkeringat di cuaca terik.

7. Konsultasi ke dokter kulit

"Jika kamu sudah mencoba semua hal ini dan jerawat masih betah menempel di kulit, temui dokter kulit yang dapat memberi saran dan resep obat jerawat," saran Dr. Kluk.

Resep oral adalah pilihan yang bagus, karena umumnya memiliki efek anti-androgen untuk memblokir hormon testosteron dan mencegah produksi minyak berlebih.

Sumber : Suara.com