Advertisement

Psikolog: Alasan Artis pakai Narkoba Perlu Diungkap

Newswire
Kamis, 25 Juli 2019 - 11:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Psikolog: Alasan Artis pakai Narkoba Perlu Diungkap Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dan Kapolres Jakbar Kombes Pol Hengki Haryadi memberi keterangan saat rilis ungkap kasus narkotika di Mapolres Jakarta Barat, Kamis (27/12/2018). - Suara.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Pemeriksaan lengkap dari berbagai aspek untuk mengungkap alasan sejumlah artis mengonsumsi narkoba perlu dilakukan. Hal tersebut disampaikan ahli psikologi, Kasandra Putranto.

"Pada dasarnya adiksi narkoba adalah gangguan fungsi otak, yang tentu saja akan mempengaruhi pikiran perasaan dan perbuatan mereka," kata dia, di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Advertisement

Menurut ahli psikologi klinis dan forensik itu, gangguan fungsi itu membuat para pengguna narkoba memiliki ketergantungan alias kecanduan kepada subtansi tertentu.

Ia berkata, berbagai jenis narkoba dapat memberikan dampak yang berbeda-beda. Namun setiap individu memiliki motif menyalahgunakan zat yang berbeda-beda pula dan dapat terjadi pada kalangan manapun dengan latar belakang apapun.

"Dengan gangguan fungsi tersebut, maka orang dengan masalah adiksi adalah orang yang tidak mampu menciptakan kebahagian tanpa narkoba, memiliki keterbatasan minat dan keterbatasan aktivitas," kata dia.

Ia berujar, ada proses psikodinamika yang khas yang membuat orang dengan masalah adiksi menjadi kecanduan narkoba, termasuk para artis.

Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat untuk semua pihak terkait pencegahan, penanganan dan pengendalian peredaran gelap narkoba.

Hal ini, menurut dia, perlu dibangun pemahaman aya tahan atau resistensi dan komitmen nilai-nilai gaya hidup sehat tanpa narkoba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement