Advertisement

Makan Sayur dan Buah Turunkan Risiko Diabetes Melitus Tipe 2

Tika Anggreni Purba
Kamis, 25 Juli 2019 - 21:07 WIB
Nina Atmasari
Makan Sayur dan Buah Turunkan Risiko Diabetes Melitus Tipe 2 Ilustrasi Diabetes Melitus - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—JAMA Internal Medicine 2019 mengungkap bahwa orang yang secara konsisten mengonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan-tumbuhan seperti sayur dan buah memiliki risiko yang rendah untuk alami diabetes tipe 2.

Peneliti melakukan pemeriksaan terhadap sembilan studi yang telah diterbitkan sebelumnya dengan total 307.099 peserta, termasuk 23.544 orang yang menderita diabetes tipe 2. Semua jenis penelitian menggunakan kuesioner frekuensi makanan untuk menilai diet peserta.

Advertisement

Secara keseluruhan, orang yang konsisten pada pola makan nabati, vegetarian atau jenis nabati lainnya ternyata 23% berisiko lebih rendah untuk mengalami diabetes tipe 2 dibandingkan orang yang hanya sedikit mengonsumsi makanan nabati.

“Pola makan yang tinggi asupan sayur dan buah [nabati] dapat meningkatkan kesehatan metabolisme dan mengurangi risiko diabetes melalui banyak jalur seperti mencegah kenaikan berat badan berlebih, meningkatkan sensitivitas insulin, mengurangi peradangan, dan lain-lain,” kata  Qi Sun, peneliti dari Harvard T.H. Chan School of Public Health.

Orang-orang yang makan beragam asupan makanan nabati yang sehat dapat menurunkan risiko diabetes bahkan ketika mereka bukan vegetarian ketat yang menghindari daging, unggas dan ikan atau juga vegan yang menghindari produk hewani seperti susu dan telur.

Akan tetapi, manfaat penurunan risiko ini tidak optimal apabila pola makan nabati masih disertai dengan makanan seperti kentang goreng, roti, dan nasi putih atau makanan tinggi karbohidrat.

"Karena itu, mengonsumsi makanan nabati sehat yang tidak diproses atau sedikit saja diproses, seperti buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh, harus diutamakan," ujarnya.

Orang-orang dalam studi yang mengikuti saran ini dengan lebih banyak mengonsumsi campuran buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian, 30% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita diabetes tipe 2.

Dokter biasanya menyarankan pasien dengan diabetes tipe 2 untuk mengikuti diet rendah kalori, rendah lemak, dan rendah karbohidrat yang mencakup banyak buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian serta unggas dan ikan tanpa lemak.

Menambahkan lebih sayuran dan buahan utuh seperti brokoli, edamame, quinoa, minyak zaitun, almond, dan lain-lain dalam menu makanan adalah cara yang tepat untuk membantu mengelola diabetes tipe 2 dan berat badan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Imsak dan Buka Puasa Wilayah Jogja dan Sekitarnya, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement