Advertisement

Jangan Malas, Berjalan Setelah Makan Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Eva Rianti
Selasa, 30 Juli 2019 - 21:07 WIB
Bhekti Suryani
Jangan Malas, Berjalan Setelah Makan Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Ilustrasi menurunkan berat badan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Jangan tidak mau melakukan aktivitas berjalan setelah makan. Ternyata ada manfaatnya. 

Berjalan setelah makan memberi manfaat bagi penurunan berat badan. Berjalan sekitar 15 menit selepas makan membantu sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Advertisement

Ahli Gastroenterologi di Fakultas Kedokteran Universitas Wisconsin Sumona Saha mengatakan dalam sebuah wawancara Everyday Health bahwa kebiasaan berjalan singkat setelah makan akan mendorong usus distimulasi dan membantu mendorong tinja keluar dari usus besar secara efektif.

Dia menjelaskanbahwa efek berjalan pada penurunan berat badan memang terjadi. Tetapi prospek tentang dampak berjalan setelah makan tidak banyak dibahas.

Sementara itu, Ahli Diet diCleveland Clinic Wellness Erin Coates berpendapat bahwa jika seseorang melakukan secara berhati-hati dalam berjalan setelah makan, itu dapat membantu menurunkan berat badan.

“Anda membakar kalori ekstra untuk setiap menit berjalan,” ujarnya, seperti dilansir dari Medicaldaily, Selasa (30/7/2019).

Coates merujuk pada studi lama yang dilakukan pada 2013 yang didanai oleh Kementerian Pertanian Amerika Serikat (USDA).

Responden dalam studi tersebut kesemuanya adalah perokok dengan usia hampir 70 tahun yang mengalami obesitas kelas I dan konsentrasi glukosa darah antara 105—125 mg dL-1.

Studi tersebut menunjukkan bahwa kadar gula darah turun hanya dengan 15 menit berolahraga di treadmill sehingga secara otomatis menghasilkan penurunan berat badan.

Coates menambahkan bahwa hal itu tidak akan menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan dalam jangka panjang dan itu tidak bisa menjadi satu-satunya latihan rutin yang diikuti jika penurunan berat badan menjadi tujuan.

“Secara singkat, berjalan paskamakan tampaknya menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan hiperglikemia postprandial [kadar gula darah dua jam sesudah makan yang melebihi nilai normal] pada orang tua,” jelasnya.

Coates menyarankan orang yang lebih tua untuk mengonsumsi makanan yang sehat, berjalan selama 30 menit beberapa kali per minggu, dan meningkatkan kualitas hidup. Semua upaya ini dalam kombinasi dapat meningkatkan metabolisme dan membantu membakar lebih banyak kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Usai, Berikut Jadwal dan Tarif Terbaru Bus Damri dari Jogja ke Bandara YIA

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Hari Warisan Dunia Tekankan Peran Anak Muda sebagai Pelestari Warisan Budaya Berkelanjutan

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement