Suhu Kamar Ternyata Bikin Kita Sulit Tidur Lho ...

Ilustrasi tidur - Reuters
31 Juli 2019 12:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Sulit tidur di malam hari ternyata disebabkan banyak hal. Tidak hanya stres dan banyaknya tekanan, kesulitan tidur juga bisa disebabkan suhu kamar tidur.

Suhu tubuh Anda berfluktuasi sepanjang hari dan mencapai puncaknya pada sore hari. Sesudahnya, perlahan-lahan mulai mendingin seiring dengan tubuh yang mulai rileks, bersiap untuk siklus tidur.

Sama seperti ritme sirkadian, suhu tubuh memiliki siklusnya sendiri. Jadi, ketika suhu tubuh sedang turun, suhu ruangan atau termostat harus selaras dengan suhu tubuh.

Mengutip Timesofindia, para ahli beri saran bahwa Anda harus mengatur termostat Anda antara 60-67 derajat Fahrenheit (15-19 derajat Celcius). Walaupun mungkin membuat Anda menggigil dan harus mengumpat di balik selimut, ingatlah bahwa tubuh Anda juga mengeluarkan panas.

Dalam lingkungan yang lebih dingin, panas tubuh akan didistribusikan secara merata dan Anda harus memberikan diri Anda lingkungan yang lapang untuk meringkuk. Menjaga suhu di sekitar angka-angka ini sangat ideal.

Menurunkan pengaturan termostat ke 16-17 derajat Celcius juga memastikan bahwa suhu inti tubuh turun dan Anda merasa sejuk dalam cuaca panas. Ini juga membantu Anda tertidur lebih cepat.

Sedangkan untuk bayi dan anak-anak di bawah usia 10 tahun, suhu kamar yang ideal harus berkisar antara 65-70 derajat Fahrenheit.

Selain itu, untuk tidur lebih nyenyak, Anda juga bisa menenangkan diri dan tidur lebih nyenyak dengan menyimpan segelas air dingin di dekat tempat tidur Anda di hari yang panas.

Atau Anda dapat mempertimbangkan menyimpan kompres es atau mengenakan bahan yang baik untuk kulit Anda bernapas saat tidur (atau bahkan tidur telanjang!). Ini dapat membantu mengatur suhu tubuh.

Sumber : Suara.com/Timesofindia