Wanita Ini Mengira Saluran Susunya Tersumbat, Ternyata Kena Kanker Agresif

Ilustrasi. - REUTERS/Jim Bourg
31 Juli 2019 12:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Wanita bernama Gemma Corby awalnya mengira mengalami penyumbatan saluran susu karena ia baru saja melahirkan anak pertamnya. Namun diagnosis dokter berkata lain. Ia divonis kanker payudara agresif.

Kisahnya mulai terjadi ketika ia melahirkan dan menyusui anak pertamanya di ruang NICU. Corby melihat ada benjolan seukuran kacang di payudaranya.

Corby lantas berkonsultasi kepada tim medis karena takut jika terjadi sesuatu. Namun, tim medis mengatakan bahwa benjolan itu normal terjadi pada ibu yang baru menyusui.

Mereka mengatakan benjolan Corby hanyalah saluran susu yang tersumbat. Tanpa pertimbangan lanjut, Corby mempercayai tim medis begitu saja dan tidak melakukan pemeriksaan lain.

"Para dokter mengatakan benjolan saya hanya saluran susu yang tersumbat. Sehingga saya tidak berpikir itu sesuatu yang serius dan aku tidak meragukan mereka," kata Corby dikutip dari Fox News.

Setelah 6 bulan, Corby merasa bahwa benjolan di payudaranya justru tidak menghilang tetapi semakin besar.

Saat itu ia baru mulai memutuskan pergi ke dokter kandungan dan melakukan USG. Sepuluh hari kemudian, Corby diminta menjalani mammogram untuk memastikan benjolan di payudaranya.

Seusai rangkaian pemeriksaan itu, ternyata benar Corby menderita kanker payudara agresif yang sulih diobati. Diagnosis kanker payudara itu mengejutkan Corby.

"Selama ini saya selalu diberi tahu sejumlah profesional bahwa benjolan itu tidak perlu dikhawatirkan, ternyata diagnosis mengatakan kanker payudara," ujarnya.

Corby mengatakan kanker payudaranya yang bersifat agresif ini lebih mungkin menyebar ke seluruh tubuh dan kambuh.

Saat ini Corby hanya menjalani rangkaian kemoterapi kanker payudara dengan pasrah. Ia tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan tetapi semangatnya untuk sembuh tak pudar. Ia pun ingin membagikan pengalamannya kepada banyak orang.

"Jika Anda menemukan benjolan di payudara, tolong segera periksakan benjolan itu sampai sudah pasti itu kanker payudara atau bukan," katanya.

Menurut Medela, saluran susu yang tersumbat menyebabkan penumpukan susu dan tekanan pada saluran yang bisa mengakibatkan benjolan. Tanda awal penyakit ini mungkin berupa benjolan sebesar kacang di payudara.

"Jika saya melihat ke belakang dan berpikir, seharusnya saya melakukan sesuatu untuk memastikan tentang benjolanku yang masih sebesar kacang sebelum terlambat," katanya.

Kini Corby harus menjalani kesehariannya sebagai penderita kanker payudara. Ia pun berusaha menyebarkan dan mengajak orang di sekitarnya agar lebih sadar tanda-tanda kanker payudara sejak dini.

Sumber : Suara.com/Fox News