Makanan Kaya Antioksidan Mujarab Tangkal Radikal Bebas. Apa Saja?

Almond - Istimewa
09 Agustus 2019 18:07 WIB Tika Anggreni Purba Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Makanan yang kaya antioksidan perlu dikonsumsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat mempercepat proses degeneratif dan menimbulkan berbagai masalah kesehatan.

Sumber antioksidan alami banyak terdapat dalam sumber makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan membantu tubuh kita untuk melawan paparan radikal bebas.

Dokter spesialis gizi Raissa Edwina Djuanda dari RS Pondok Indah-Puri Indah menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu cara menjalani pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Raissa menyarankan beberapa makanan kaya antioksidan yang dapat dikonsumsi secara rutin:

1.     Vitamin C

Vitamin yang larut dalam air ini dapat membantu proses regenerasi sel. Tak hanya bermanfaat untuk mencerahkan wajah, ternyata vitamin C merupakan antioksidan paling kuat untuk tubuh kita. Lemon, jeruk, dan kiwi merupakan jenis buah yang mengandung vitamin C paling tinggi.

2.     Vitamin E

Vitamin ini larut dalam lemak, berfungsi sebagai garis pertahanan pertama dalam melawan peradangan pada jaringan tubuh kita. Vitamin E dalam makanan dapat ditemukan pada minyak bunga matahari, canola, kacang tanah, almond, biji bunga matahari, dan minyak zaitun. Jangan lupa ikan salmon dan telur yang kaya omega 3 juga memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi.

3.     Beta Karoten

Mineral ini memainkan peran sangat penting dalam mengendalikan peradangan karena kandungan antioksidannya. Sayuran berdaun seperti selada, wortel, dan bayam adalah sumber terkaya beta karoten.

4.     Lemak Omega-3

Melindungi tubuh terhadap dampak buruk polusi udara pada kesehatan jantung dan profil lipid. Sumber lemak omega-3 ini dapat diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, serta minyak ikan.

 

Sumber : Bisnis.com