Advertisement

HASIL PENELITIAN: Penggunaan Ponsel Bikin Tekanan Darah Naik

Newswire
Minggu, 11 Agustus 2019 - 01:17 WIB
Bhekti Suryani
HASIL PENELITIAN: Penggunaan Ponsel Bikin Tekanan Darah Naik Ilustrasi. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA- Hasil penelitian baru-baru ini mengungkapkan pengaruh buruk penggunaan telepon seluler (ponsel) terhadap tekanan darah.

Selama ini penggunaan ponsel berlebihan sering dikaitkan dengan sejumlah penyakit mematikan. Ternyata penggunaan ponsel juga turut memengaruhi tekanan darah tinggi.

Advertisement

Dilansir dari Telegraph, peneliti menemukan bahwa berbicara di ponsel memicu peningkatan tekanan darah sistolik yang sesuai dengan gelombang.

Fakta ini telah dibuktikan para peneliti dengan membaca tekanan darah dari 94 pasien hipertensi ringan setiap satu menit.

Bagi peserta yang berusia 53 tahun dibiarkan duduk di kursi yang nyaman di ruang konsultasi dokter. Mereka juga dibiarkan sendiri setelah membaca tekanan darahnya.

Di samping itu, para peneliti juga menelepon pasien setidaknya 3 kali. Hasilnya, mereka menemukan ketika pasien menelepon atau menerima panggilan akan memengaruhi tekanan darahnya.

Rata-rata, tekanan darah mereka akan berubah dari 121/177 hingga 129/82. NHS mengatakan tekanan darah di bawa 130/80 dianggap normal dan tekanan darah di atas 140/90 dianggap tinggi.

Namun, para peneliti menemukan pasien yang biasanya menerima lebih dari 30 panggilan dalam sehari justru lebih kecil kemungkinannya mengalami lonjakan tekanan darah ketika ponsel berdering.

Dalam hal ini, usia seseorang yang lebih muda. Peneliti melihat penggunaan ponsel pada orang yang lebih muda tidak terlalu memengaruhi tekanan darahnya.

Penelitian dari American Society of Hypertension di San Francisco pun menemukan bahwa panggilan telepon sebenarnya tidak meningkatkan denyut jantung atau tekanan darah diastolik. Artinya, dering telepon hanya memengaruhi tekanan darah sistolik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement