Advertisement

Unik, Presiden Brasil Minta Masyarakatnya Berak 2 Hari Sekali demi Selamatkan Hutan

Newswire
Selasa, 13 Agustus 2019 - 11:07 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Unik, Presiden Brasil Minta Masyarakatnya Berak 2 Hari Sekali demi Selamatkan Hutan Ilustrasi pelestarian lingkungan hutan - Ist/basecamppetualang.blogspot.com

Advertisement

Harianjogja.com, BRASILSaat ditanya awak media terkait solusi menyelamatkan lingkungan, Presiden Brasil Jair Bolsonaro justru memberi jawaban aneh.

Belakangan ini Bolsonaro mendapat kecaman, setelah data mengungkap adanya peningkatan deforestasi hutan hujan Amazon.

Advertisement

Seorang wartawan lalu bertanya padanya, Jumat (9/8/2019), apakah mungkin meningkatkan ekonomi, memberi makan orang-orang kelaparan, dan menyelamatkan lingkungan dilakukan secara bersamaan.

Bolsonaro kemudian membuat pernyataan mengejutkan. Dikutip dari New York Post, tidak bisa dipastikan apakah Bolsonaro bersikap sarkastik atau tidak.

"Cukup makan sedikit saja. Anda berbicara soal polusi lingkungan. Sudah cukup untuk buang air besar (BAB) satu kali setiap dua hari," kata Bolsonaro, menurut AFP. "Itu akan lebih baik untuk seluruh dunia."

Para kritikus mengatakan bahwa kebijakan Bolsonaro akan membantu mempercepat deforestasi lebih lanjut di Amazon, yang 60% merupakan bagian dari Brasil.

Sebagai pengatur utama sistem kehidupan Bumi, pohon-pohon hutan hujan menyerap sebanyak 2 miliar ton karbon dioksida setiap tahun dan melepaskan 20% oksigen di planet ini.

Namun, data yang baru diterbitkan pekan lalu oleh National Institute for Space Research, sebuah lembaga federal Brasil, menunjukkan bahwa lebih banyak hutan hujan yang hilang sejak Mei hingga Juli tahun ini daripada 2018, 2017, dan 2016 untuk periode yang sama.

Pada Juli saja, 1.400 kilometer persegi vegetasi telah ditebang. Angka itu merupakan lonjakan laju deforestasi terbesar sejak lembaga terkait mengadopsi metodologi terbarunya pada 2014.

Bolsonaro lalu menuduh instansi tersebut memanipulasi data deforestasi untuk membuat pemerintahan sayap kanannya terlihat buruk.

Dia bahkan telah memecat fisikawan Ricardo Galvão, yang menjabat sebagai direktur National Institute for Space Research.

Brasil pernah digembar-gemborkan sebagai lakon kesuksesan dalam menjaga lingkungan secara global. Namun karena data menunjukkan lonjakan deforestasi Amazon di bawah kepemimpinan Bolsonaro, yang dikenal ragu-ragu dengan adanya perubahan iklim dan dianggap sangat pro-agrobisnis, beberapa orang khawatir dengan apa yang akan terjadi pada hutan hujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com/New York Post

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jalan Rusak di Sleman Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Pasang Spanduk Obyek Wisata Jeglongan Sewu

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

AS Disebut-sebut Bakal Memberikan Paket Senjata ke Israel Senilai Rp16 Triliun

News
| Sabtu, 20 April 2024, 17:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement