Ibu Hamil Harus Lakukan Ini Jelang Persalinan ...

Ilustrasi ibu hamil
26 Agustus 2019 22:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Menjelang hari perkiraan lahir (HPL), Anda sebagai seorang ibu yang tengah hamil, wajib mempersiapkan tubuh agar fit dan berenergi menghadapi proses persalinan yang panjang.

Anda tak akan pernah tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan sejak bukaan pertama hingga bayi lahir dengan selamat. Ada bumil yang beruntung melewati proses persalinan singkat dalam waktu kurang dari 5 jam. Tapi, tak sedikit pula yang harus mengalami proses persalinan panjang, bahkan hingga lebih dari 24 jam.

Kontraksi menunggu bukaan lengkap tentu akan menguras energi bumil. Padahal, masih ada proses penting lain yang jauh lebih membutuhkan energi, yaitu mengejan. Nah, agar kuat menghadapi proses persalinan yang panjang dan tak kehabisan energi di tengah jalan, para bumil wajib tahu cara menjaga daya tahan tubuh tetap prima menjelang hari perkiraan lahir (HPL). Simak 5 cara menjaga daya tahan tubuh sejak 14 hari sebelum persalinan, seperti dilansir dari Parents.

1. Tidur cukup

Tidur sebaiknya dilakukan tak hanya ketika Anda lelah, tetapi juga di waktu luang ketika Anda tidak sedang melakukan apapun. Tidur diyakini sebagai salah satu cara ampuh untuk menyimpan energi, sehingga Anda bakal kuat menghadapi proses persalinan yang panjang.

2. Makanan bergizi

Pilih jenis-jenis makanan yang memang berfungsi meningkatkan energi seperti pisang, makanan kaya vitamin C seperti kiwi dan jeruk yang membantu meningkatkan imunitas tubuh, serta makanan dengan kadar air tinggi seperti semangka.

3. Cukup minum

Kekurangan cairan menjelang persalinan akan membuat tubuh lemas dan kekurangan tenaga. Selain air putih, Anda juga bisa pilih aneka jus buah dan sayur yang mengandung banyak serat dan vitamin untuk bantu penuhi kebutuhan cairan.

4. Olahraga ringan

Olahraga dan aktivitas fisik akan meningkatkan detak jantung dan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Anda bisa pilih beberapa olahraga ringan, seperti berenang, jalan kaki, atau sekadar menggerak-gerakan badan.

5. Meditasi

Meditasi, selain meningkatkan daya tahan tubuh, juga membantu bumil dapat mengontrol rasa nyeri secara lebih efektif. Sehingga saat persalinan berlangsung, bumil akan merasa lebih tenang menghadapi rasa sakit.

Cara melakukan meditasi: duduk bersila dengan posisi tubuh tegak, tempelkan jari jempol dengan jari tengah, tarik napas dalam melalui hidung dan buang secara perlahan melalui mulut.

Sumber : suara.com