Kesalahan dalam Berpakaian Bisa Berdampak Buruk

Ilustrasi penampilan. - Global Look Press/Jonathan Ford
29 Agustus 2019 01:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Rasa tidak nyaman kerap disebabkan oleh kesalahan saat menggunakan pakaian. Parahnya, kesalahan berpakaian juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan kita. 

Misalnya, banyak perempuan yang baru mengetahui bahwa cara mereka mengenakan bra selama bertahun-tahun adalah salah. Ini dapat menyebabkan sakit leher, punggung, bahu, serta lecet pada kulit.

Padahal, kesalahan-kesalahan ini dapat dengan mudah dihindari jika Anda tahu apa yang harus dilakukan. Nah, berikut adalah kesalahan umum yang kita semua cenderung lakukan saat berpakaian, dan bagaimana untuk menghindari kesalahan tersebut, seperti dilansir dari Bright Side.

1. Mengenakan bra dengan cara yang salah

Kesalahan: Banyak perempuan menggunakan bra dengan posisi bagian belakang lebih tinggi dan naik ke arah bahu mereka. Sehingga, saat dilihat, tali pada pengait tidak lurus.

Mengapa ini salah? Mungkin ini karena ukuran bra yang digunakan terlalu besar untuk Anda. Kurangnya dukungan yang tepat dapat menyebabkan sakit bahu dan punggung.

Cara memakai dengan benar: Pakai pengukuran bra yang benar, sehingga tali pengait pada bra akan tetap pada posisi horizontal saat Anda memakainya.

2. Memakai jenis bra yang salah

Kesalahan: Membeli jenis cup bra yang salah yang tidak sesuai dengan payudara Anda.

Mengapa ini salah? Jenis cup bra yang salah mungkin tidak memberi dukungan yang tepat untuk payudara Anda.

Cara yang benar: Jika Anda memiliki payudara yang lebih besar atau bahu yang lebih bulat, pilih cup bra yang penuh. Sementara untuk perempuan yang memiliki bentuk tear drop bust atau bagian bawah payudara yang terlihat penuh daripada bagian atasnya, paling cocok mengenakan bra dengan cup setengah.

3. Mengenakan jenis pakaian dalam yang tidak tepat

Kesalahan: Memilih pakaian dalam yang tidak sesuai dengan bentuk tubuh Anda.

Mengapa ini salah? Ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau mengakibatkan celana dalam terlalu ketat.

Cara memakainya dengan benar: Perempuan dengan bokong persegi dan rata bisa mengenakan boy shorts, bikini, atau thongs. Sementara mereka yang memiliki bokong berbentuk V mungkin bisa menggunakan celana dalam jenis brief, boy short, hipster, atau bikini tanpa lubang kaki yang tinggi.

Sedangkan, para perempuan yang memiliki tubuh berbentuk buah pir dengan bokong berbentuk A akan merasa lebih nyaman memakai bikini atau boy shorts yang terbuat dari renda elastis.

4. Mengenakan kaus kaki yang tidak sesuai dengan sepatu dan bawahan

Kesalahan: Anda tidak mempertimbangkan panjang dan bahan kaus kaki.

Mengapa ini salah? Kaus kaki yang salah dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau tidak melindungi kaki Anda seperti seharusnya.

Cara memakainya dengan benar: Jika Anda mengenakan kaus kaki dengan sepatu berpotongan rendah atau sepatu balerina, pilih kaos kaki super pendek yang tidak terlihat atau tidak muncul. Kaus kaki di pergelangan kaki dimaksudkan untuk dikenakan bersamaan dengan sepatu tertutup, sementara kaus kaki panjang sering dipakai untuk olahraga.

5. Mencoba memakai celana ketat

Kesalahan: Memaksa diri Anda untuk memakai celana ketat.

Mengapa ini salah? Ini dapat menyebabkan masalah pencernaan atau mulas.

Cara memakainya dengan benar: Coba tes apakah Anda dapat memasukkan dua jari di antara kain dan pinggul Anda setelah Anda benar-benar mengancing dan menarik ritsleting celana. Jika Anda tidak bisa, Anda perlu naikkan celana satu ukuran.

Sumber : suara.com/Bright Side