Seminggu Setelah Haid adalah Waktu Tepat untuk Periksa Payudara Sendiri

Ilustrasi. - REUTERS/Jim Bourg
29 Agustus 2019 07:57 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Waktu yang paling efektif lakukan sadari  atau periksa payudara sendiri adalah satu minggu setelah periode menstruasi.

Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Hermatologi Onkologi Medik, Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM mengungkap tujuh hari setelah menstruasi payudara tidak lagi dikontrol oleh hormon, itulah waktu terbaik mendeteksi benjolan sebagai pertanda tumor atau kanker.

"Kenapa setelah menstruasi, karena pada saat itu saat menstruasi selesai payudara sedang tidak di kontrol hormon, sehingga kalau ada benjolan bukan yang benar-benar hormon related bukan berhubungan dengan hormonal," ungkap Dr Andhika di Hotel Raffles, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/8/2019).

Waktu ini untuk membedakan benjolan yang membengkak karena hormon yang terjadi pada saat menstruasi, atau benjolan yang memang merupakan tumor atau kanker. Dr Andhika mengingatkan ada 4 bagian payudara yang wajib diperiksa, lokasi biasanya kanker tumbuh.

"Perlu diketahui juga posisi payudara ini membagi dalam empat kuatdran, atas samping, bawah samping, tengah atas, dan tengah bawah," tutur Dr Andhika.

"Biasanya mereka dengan tumor jinak, biasanya di samping atas atau samping bawah, di bawah mostly, kebanyakan distribusi di atas. Lihat dulu di umur berapa pernah kejadian (tumor) seperti ini atau tidak," sambungnya.

Sementara itu, jika kanker biasanya benjolan akan melekat ke dinding dada, menempel pada jaringan sekitar payudara, dan benjolan bertambah dengan cepat dari waktu ke waktu. Sedangkan rasa nyeri pada benjolan bukanlah jadi tanda kanker melainkan pengaruh hormon.

"Justru yang painless (tidak nyeri) justru yang mengkhawatirkan, justru yang nyeri berhubungan (dengan menstruasi) seperti dirasakan sendiri ketika menstruasi sakit perut, bahkan sampai kesenggol dikit pengen nabok, itu karena apa itu hormonal related tadi," ungkapnya.

Jadi jika ingin mendeteksi kanker, lakukan pemeriksaan payudara setelah menstruasi.

Sumber : suara.com