Tak Rajin Merawat Gigi dan Mulut? 4 Penyakit Ini Siap Mengancam ...

Ilustrasi. - Reuters
29 Agustus 2019 16:37 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Gigi dan mulut sangat penting untuk dirawat secara rutin. Sebab, gigi memiliki peran penting dalam proses pencernaan dalam tubuh, yakni bertugas mengunyah makanan yang dikonsumsi sebalum masuk ke tenggorokan dan perut.

Salah satu cara merawat gigi adalah dengan rutin menyikatnya minimal 2 kali sehari, setelah sarapan dan sebelum tidur.

Gigi yang sehat tak hanya membuat pemiliknya percaya diri, tapi juga membuat tubuh ikut sehat. Pasalnya, gigi yang tidak terawat alias tidak sehat, berpotensi memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Selain itu, sakit gigi juga bukan perkara ringan, karena sakitnya bisa membuat Anda menderita.

Gigi yang tidak terawat bisa memengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya, karena meski gigi dan organ lainnya bekerja dengan cara yang berbeda, namun saling berhubungan. Apalagi, gigi menyatu dengan sistem saraf yang cukup rumit.

Dilansir dari Boldsky, inilah empat penyakit yang bisa ditimbulkan oleh gigi yang tidak dirawat.

1. Diabetes

Diabetes ternyata memiliki kaitan dengan penyakit periodontal. Ketika mulut meradang, dampaknya melemahkan kemampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah. Penderita diabetes mengalami kesulitan memproses gula karena insulin yang tinggi, hormon yang mengubah gula menjadi energi. Dan ketika kadar gula darah meningkat, itu membuka jalan bagi infeksi gusi.

2. Endokarditis

Endokarditis merupakan kondisi infeksi yang terjadi di lapisan dalam bilik jantung dan katup jantung. Infeksi ini bisa terjadi bila jutaan bakteri yang terdapat dalam mulut akibat gigi yang tidak terawat, masuk ke aliran darah. Darah yang sudah terinfeksi lalu berjalan menuju jantung hingga memicu terjadi endokarditis.

3. Infeksi pernafasan

Kebersihan mulut yang buruk bisa menjadi penyebab lain infeksi pernapasan karena bakteri di dalam mulut berhubungan dengan penyakit paru-paru. Para ahli dari Yale University School of Medicine menemukan beberapa perubahan pada bakteri di mulut yang mendahului perkembangan pneumonia pada pasien rumah sakit.

4. Penyakit kardiovaskular

Penyakit gusi dan penyakit jantung sering menyatu. Menurut Asosiasi Gigi Wisconsin, mengatakan 91 persen pasien penyakit jantung memiliki penyakit periodontal dibandingkan dengan 66 persen orang yang tidak memiliki penyakit jantung. Jutaan bakteri terakumulasi dalam timbunan plak dan batu di mulut dan bergerak ke aliran darah menyebabkan peradangan di pembuluh darah. Hal ini meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke karena lebih sedikit darah yang mengalir ke jantung dan bagian lain dari tubuh yang bisa meningkatkan tingkat tekanan darah.

Jadi masih berani anggap sepele soal kesehatan gigi? Ingat nasehat orang bijak, lebih baik mencegah dari pada mengobati, lebih baik merawat kesehatan gigi dari pada menyesal kemudian hari

Sumber : Okezone.com/Boldsky