Advertisement

Tak Perlu Khawatir, Mikroplastik Air Minum Kemasan Tidak Berisiko Tinggi Terhadap Kesehatan

Syaiful Millah
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 04:47 WIB
Nina Atmasari
Tak Perlu Khawatir, Mikroplastik Air Minum Kemasan Tidak Berisiko Tinggi Terhadap Kesehatan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – World Health Organization (WHO) menyatakan mikroplastik yang semakin banyak ditemukan dalam air mimun kemasan sejauh ini belum ada bukti hal tersebut beresiko bagi kesehatan manusia.

Dilansir dari The Guardian, Kamis (29/8/2019) WHO menyebut produksi plastik telah tumbuh secara eksponensial dalam beberapa dekade terakhir dan diperkirakan bakal berlipat ganda pada 2014.

Advertisement

Selain itu, sebuah studi lain menunjukkan bahwa air minum dalam kemasan mengandung unsur yang sangat kecil dari polimer, yang digunakan untuk wadah dan penutupnya. Hal ini menimbulkan kekhawatiran bahwa manusia mungkin terkontaminasi oleh bahan kimia yang digunakan dalam plastik tersebut.

Menanggapi hal tersebut, WHO telah merangkum berbagai penelitian pada subjek terkait dan menyatakan kekhawatiran itu tidak bersadar secara ilmiah.

Menurut laporan itu, partikel plastik yang lebih besar saja bisa melewati tubuh manusia. Oleh sebab itu, mikroplastik yang ukurannya lebih kecil berpotensi melewati dinding saluran pencernaan. Para peneliti juga mengatakan bahwa mereka tidak mungkin menumpuk dalam jumlah yang banyak dan membahayakan.

Alhasil, laporan tersebut menyimpulkan berdasarkan bukti terbatas yang ada, bahan kimia dan mikroba pathogen yang terkait dengan mikroplastik dalam air minum memiliki risiko kesehatan yang rendah bagi kesehatan manusia.

“Kesimpulan keseluruhannya adalah bahwa konsumen tidak boleh terlalu khawatir. Dengan daya yang kami miliki, kami percaya risikonya rendah. Akan tetapi, bukan berarti tidak ada risiko sama sekali di masa depan,” kata Bruce Gordon, salah satu peneliti.

Kendati begitu, dia tetap mengimbau agar lebih banyak penelitian yang dilakukan terkait hal ini untuk benar-benar memastikan dan memahami bagaimana plasti menyebar dan berdampak bagi tubuh manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Golkar DIY Bakal Terima Nama Calon yang Dijaring di Pilkada 2024, Berikut Nama-nama Kandidatnya

Jogja
| Selasa, 23 April 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Petani Jateng Terima 10 Ribu Alsintan, Pj Gubernur Jateng Optimis Produksi Pangan Meningkat

News
| Selasa, 23 April 2024, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement