Advertisement

Idap Kanker, Berat Badan Cinta Penelope Makin Turun. Begini Penjelasannya secara Medis ...

Newswire
Jum'at, 30 Agustus 2019 - 10:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Idap Kanker, Berat Badan Cinta Penelope Makin Turun. Begini Penjelasannya secara Medis ... Cinta Penelope. - Ist/Instagram

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Artis 35 tahun, Cinta Penelope sedang berjuang melawan penyakit kankernya. Ia mengaku kondisinya sudah makin membaik setelah melakukan sejumlah pengobatan kanker.

Cinta Penelope juga mengaku berat badannya menurun selama menderita kanker. Meski begitu, ia tetap bersyukur masih bisa beraktivitas seperti orang biasa.

Advertisement

"Alhamdulillah baik [kondisinya], alhamdulillah diberi kesehatan hingga bulan ke-11 aku [sakit kanker]. Walaupun terlihat lebih kurus, insyaallah sehat, alhamdulillah masih bisa jalan ya, masih bisa beraktivitas," ungkap Cinta Penelope, saat dijumpai di kawasan Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Melansir dari Cancer Care, kebanyakan orang yang menderita kanker akan mengalami perubahan berat badan, kehilangan otot dan kelelahan di beberapa titik perawatannya.

Salah satu penyebabnya adalah kanker yang dideritanya itu sendiri. Misalnya, dalam upaya melawan kanker, tubuh memproduksi zat sitokin. Zat sitokin ini bisa menyebabkan penurunan berat badan, otot dan nafsu makan. Penyebab umum penurunan berat badan lainnya adalah pengobatan kanker.

Radiasi dan kemoterapi yang sering menyebabkan penurunan nafsu makan. Pengobatan ini juga menyebabkan efek samping seperti mual, muntah dan sariawan yang memengaruhi nafsu makan penderita.

Pada akhirnya, nafsu makan yang menurun akan memengaruhi berat badan dan otot. Kelelahan juga termasuk faktor, karena penurunan dalam olahraga dan aktivitas fisik lainnya.

Hal itu terjadi ketika penderita merasa tidak nyaman dapat menyebabkan hilangnya otot. Karena itu, penderita juga membutuhkan obat-obatan yang meningkatkan nafsu makan sehingga perlu konsultasi terhadap tim medis.

Namun, perlu diingat bahwa tingkat nafsu makan dan energi juga dipengaruhi oleh rasa sakit, kecemasan dan depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com/Cancer Care

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement