Advertisement

Penting. Ini Makanan Yang Penting Dikonsumsi sebelum Renang

Newswire
Selasa, 03 September 2019 - 12:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Penting. Ini Makanan Yang Penting Dikonsumsi sebelum Renang Ilustrasi persiapan renang

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Asupan makanan yang sehat sangat dibutuhkan sebelum melakukan olah raga renang. Sebab, berenang saat perut kosong akan membuat Anda kehilangan banyak manfaat kesehatan dari latihan ini. 

Dilansir dari timesofindia, Anda tidak harus makan berat sebelum berenang. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas dan tinggi lemak akan membuat Anda kembung saat berenang.

Advertisement

Anda bisa makan satu jam sebelum masuk ke kolam renang. Ketika Anda makan, jantung akan mengarahkan darah ke sistem pencernaan untuk memecah makanan dan mengekstrak nutrisi.

Demikian pula, saat berolahraga, aliran darah akan dialihkan ke otot agar bisa bekerja secara efisien. Jadi, jika Anda berenang tak lama setelah makan, sistem percernaan dan otot tidak akan mendapat pasokan darah yang cukup. Hal ini justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan, refluks lambung, kram, dan ketidaknyamanan perut.

Lalu, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi.

Sebelum berenang, konsumsilah makanan mengandung karbohidrat. Hal ini akan memberi Anda energi untuk aktif di kolam renang dalam jangka waktu lebih lama. Anda juga perlu menghindari makanan berlemak karena sulit dicerna.

Nutrisi yang tepat dipercaya membantu dalam perbaikan otot dan pemulihan setelah berenang. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berenang seperti pisang, roti gandum, beras merah, ubi jalar, kacang-kacangan, oat gandum.

Bukan hanya makanan yang perlu diperhatikan, perenang juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Perenang harus minum cairan sebelum, selama, dan setelah berenang.

Asupan cairan sangat penting untuk menyeimbangkan kehilangan cairan dari tubuh, misalnya keringat. Anda bisa minum air, jus, susu, dan yogurt untuk tetap membuat tubuh terhidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : suara.com/timesofindia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Kembangkan Digitalisasi UMKM, Pemkot Libatkan Mahasiswa

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement