Advertisement

Ingin Pulang Kerja Tepat Waktu? Ini Tipsnya ...

Nancy Junita
Kamis, 05 September 2019 - 11:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Ingin Pulang Kerja Tepat Waktu? Ini Tipsnya ... Ilustrasi - Indiatimes

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pulang kerja tepat pada waktunya mungkin terasa seperti melakukan sebuah dosa besar jika bekerja lembur sudah merupakan kebiasaan di perusahaan Anda.

Menyelinap menuju ke pintu keluar saat jarum jam tepat menunjukkan pukul 17.00 merupakan sebuah hal yang mustahil dan Anda dijamin akan mendapatkan tatapan maut dari seantero kantor jika melakukannya.

Advertisement

Mungkin itu sebabnya Anda akhirnya bekerja lembur malam demi malam. Memiliki keseimbangan kehidupan kerja dan pribadi yang sehat merupakan suatu hal yang penting - hidup haruslah lebih dari sekedar pekerjaan Anda. 

Dikutip dari JobStreet.com, Kamis (5/9/2019),  berikut lima tips untuk memaksimalkan hari Anda, sehingga Anda dapat pulang kerja tepat waktu setiap hari:

1. Mulai hari Anda dengan sebuah to-do list

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika sampai di kantor adalah menulis daftar tugas Anda hari itu. Buatlah daftar semua tugas yang harus Anda selesaikan untuk hari itu, mulai dengan yang paling mendesak atau paling rumit.
 
Hal ini akan memastikan bahwa Anda mengerjakan hal-hal yang paling mendesak terlebih dahulu, yang lebih cenderung menghambat Anda seiring berjalannya hari. Memiliki daftar tugas sebagai referensi membuat Anda tetap fokus dan memungkinkan Anda mengatur hari Anda dengan lebih efisien.

2. Tegaskan bahwa Anda harus pulang persis pada waktu yang ditentukan

Beri tahu atasan dan anggota tim bahwa Anda benar-benar harus meninggalkan kantor tepat pada waktunya, dan ingatkan mereka secara rutin agar hal tersebut melekat di pikiran mereka.

Jika ada yang menjadwalkan rapat setengah jam sebelum jam pulang kerja, tanyakan dengan sopan apakah mereka dapat mengatur ulang jadwal rapat pada hari berikutnya.
 
Jika mereka mengatakan bahwa rapat tersebut tidak akan memakan waktu lebih dari setengah jam namun ternyata rapat terus berlanjut, pulanglah pada saat dimana Anda harus pulang.

Hal ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda serius mengenai pulang kerja tepat pada waktunya. Jangan merasa tidak enak untuk memiliki pendirian tegas – pulang tepat waktu memang merupakan hak Anda.

3. Fokus pada target jam pulang kantor Anda

Ingatkan diri Anda sepanjang hari bahwa Anda harus meninggalkan kantor pada pukul x sehingga Anda akan lebih fokus dan sadar akan manajemen waktu saat bekerja.

Mengetahui bahwa Anda hanya memiliki setengah hari yang tersisa untuk menyelesaikan tugas-tugas yang harus diselesaikan akan memaksa Anda untuk bekerja lebih efisien dan meningkatkan produktivitas Anda.

4. Minimalkan gangguan seperti media sosial

Anda pasti pernah memeriksa ponsel kita sepanjang hari, baik untuk mengecek media sosial atau untuk membaca dan menjawab jutaan pesan WhatsApp yang Anda terima setiap harinya. Hal tersebut mungkin tidak terlihat memakan banyak waktu, namun akumulasi dari menit-menit tersebut tidaklah sedikit.
 
Untuk meminimalisir gangguan-gangguan tersebut, log out dari akun media sosial Anda selama jam kantor dan nonaktifkan pop-up notification untuk mengurangi godaan untuk memeriksa ponsel Anda setiap beberapa menit.

5. Buat sebuah daily reminder untuk bersiap-siap setengah jam sebelum waktu pulang kerja

Terakhir, buat sebuah daily reminder atau pengingat harian di ponsel Anda tepat 30 menit sebelum waktu pulang Anda. Pengingat tersebut akan menjadi sinyal untuk Anda membereskan pekerjaan dan mulai bersiap-siap pulang.

Anda juga harus menggunakan periode waktu ini untuk menyiapkan to-do-list untuk keesokan harinya agar Anda dapat memulai kerja dengan cepat besok pagi.
 
 Bekerja lembur seringkali merupakan tanda ketidakefisienan di tempat kerja. Departemen kerja Anda mungkin kekurangan tenaga kerja, sehingga berujung pada tambahan pekerjaan untuk semua pekerja, atau mungkin juga disebabkan oleh proses kerja yang tidak efisien atau manajemen waktu yang buruk.

Manfaatkan peluang tersebut untuk menyarankan perbaikan workflow untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. Hal ini tidak hanya memungkinkan Anda untuk bekerja dengan lebih cerdas dan meninggalkan kantor lebih awal, tetapi juga menguntungkan departemen dan perusahaan, menjadikannya sebuah win-win proposal.
 
Dengan mengasumsikan bahwa Anda menyelesaikan semua pekerjaan selama jam kantor, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak pulang tepat waktu setiap harinya. Jika atasan Anda mempermasalahkan hal ini, mungkin itu artinya Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk pindah tempat kerja.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com/JobStreet.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jaring Bakal Calon Bupati Pilkada, PKS Kulonprogo: 3 Kader Internal, 6 Tokoh Masyarakat

Kulonprogo
| Selasa, 16 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Konflik Israel di Gaza, China Serukan Gencatan Senjata

News
| Selasa, 16 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement