Kenali, Ini Jenis Kanker yang Sering Menyerang Anak dan Orang Muda

Ilustrasi. - REUTERS/Jim Bourg
13 September 2019 23:17 WIB Newswire Lifestyle Share :

Harianjogja.com, JAKARTA- Penyakit kanker kini semakin sering diderita orang dan tak mengenal usia.

Dari beberapa faktor pemicu kanker, usia adalah salah satunya. Biasanya kanker menyerang orang yang orang tua, karena sel mereka menua dan memiliki kerusakan DNA yang dapat menyebabkan kanker.

Menurut American Cancer Society kurang dari 1 dari 100 kasus kanker yang didiagnosis setiap tahun adalah anak-anak.

Sebagian besar kanker anak-anak tidak dapat dicegah atau diskrining, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, dan sangat sedikit kanker pada anak-anak yang disebabkan oleh faktor lingkungan atau gaya hidup.

Para ilmuwan menduga sekitar 1 dari 10 kanker anak-anak berasal dari genetika. Mereka juga mengatakan pertahanan terbaik melawan kanker anak-anak adalah diagnosis dan perawatan dini.

Sayangnya, tingkat kelangsungan hidup anak pengidap kanker di negara berpenghasilan menengah dan rendah hanya sekitar 20%. Dibandingkan dengan tingkat kelangsungan hidup di negara-negara berpenghasilan tinggi, sekitar 80%.

Melansir INSIDER, berikut beberapa contoh kanker yang menyerang anak-anak hingga usia dewasa.

1. Hepatoblastoma

"Sementara penelitian kami menunjukkan hepatoblastoma adalah kanker yang paling cepat berkembang pada anak-anak di bawah lima tahun, ini masih merupakan kanker yang sangat langka," kata penulis studi utama Jenny Poynter dalam sebuah pernyataan ketika temuannya dipublikasikan di jurnal JNCI Cancer Spectrum.

Tapi Poynter mengatakan hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Kasus Hepatoblastoma pada kelompok usia 0 hingga 4 telah meningkat di setiap wilayah di dunia kecuali Asia Selatan sejak akhir 1980-an, dengan diagnosis sekitar 2 hingga 6,5% setiap tahun, tergantung pada wilayahnya.

2. Kanker usus besar atau kanker kolorektal

Tingkat kanker usus besar meningkat tajam di antara kaum muda, dan para ahli kanker mengatakan pola makan yang buruk mungkin menjadi penyebab sebagian kasus tersebut.

Kanker kolorektal awal secara signifikan mengalami kenaikan di antara orang-orang berusia 30-an dan lebih muda di banyak negara di seluruh dunia, termasuk AS, Inggris, dan setidaknya delapan negara Eropa lainnya.

3. Kanker endometrium (salah satu contoh kanker rahim)

Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet pada Februari menunjuk pada peningkatan yang mengkhawatirkan untuk kanker rahim dari 1995 hingga 2014.

Peneliti mengatakan "kelebihan berat badan bisa mencapai 60% dari semua kanker endometrium" pada orang di atas 30 tahun.

4. Kanker ginjal

Kanker ginjal adalah kanker lain yang berhubungan dengan obesitas.

Di AS, kanker ginjal pada orang berusia 25 hingga 29 juga melonjak 6,2% (rata-rata) setiap tahun dalam periode 1995 hingga 2014.

5. Kanker pankreas

Penyakit ini meningkat di AS, dan beberapa peningkatan paling tajam terjadi pada usia 25 hingga 29 tahun.

Diabetes tipe-2 menempatkan orang pada risiko lebih tinggi terkena kanker jenis ini, dan tidak hanya di AS.

Sumber : Suara.com