Advertisement

Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol. Apa Saja?

Newswire
Senin, 16 September 2019 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Makanan Ini Ampuh Turunkan Kolesterol. Apa Saja? Ilustrasi sayuran. - Ruters/Rupak De Chowdhuri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Kolesterol merupakan lemak esensial yang berfungi bagi tubuh. Namun jika kadarnya terlalu tinggi, justru masalah kesehatan yang bisa timbul.

Dilansir dari rilis Alodokter, jangan lupakan menu sayur penurun kolesterol berikut ini saat makan siang ya!

Advertisement

Tomat

Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat.

Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 mg dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

Bayam

Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

Bawang putih

Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

Terong

Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda dapat mengombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Muncul Wacana Pilihan Lurah di Gunungkidul Tahun Depan Digelar Dua Kali

Gunungkidul
| Jum'at, 26 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement