Advertisement

Kebiasaan Ini Harus Kamu Lakukan Setiap Hari biar Pulang Kerja Langsung Santai

Newswire
Senin, 16 September 2019 - 16:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Kebiasaan Ini Harus Kamu Lakukan Setiap Hari biar Pulang Kerja Langsung Santai Ilustrasi bangun tidur. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Pulang kerja rasanya hanya ingin istirahat karena pikiran dan tenaga telah terkuras seharian untuk mengerjakan tugas kantor. Benar kah demikian?

Namun, hal paling tidak mengenakkan adalah ketika rasa letih itu semakin menjadi saat melihat rumah berantakan sepulang kerja.

Advertisement

Kegiatan membersihkan rumah menjadi terasa sangat berat, apalagi jika Anda harus melakukannya usai pulang bekerja. Padahal, jika Anda menerapkan kebiasaan sehari-hari yang baik untuk menjaga kebersihan rumah, kegiatan ini akan menjadi lebih ringan.

Ada banyak sekali kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda terapkan dalam menjaga kebersihan rumah, sehingga rumah nyaman dan bersih ketika pulang kerja dan istirahat pun menjadi lebih lega.

Untuk itu, yuk simak ulasan berikut tips membiasakan diri membersihkan rumah dengan melakukan hal kecil yang hanya membutuhkan waktu sebentar dilansir Hello Sehat.

1. Membersihkan tempat tidur segera setelah bangun tidur

Salah satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kebersihan rumah adalah membersihkan tempat tidur setiap hari. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah setelah Anda bangun tidur. Untuk memudahkannya, gunakan seprai yang simpel dan tidak berlapis. Kurangi juga jumlah bantal yang ada di atas kasur jika memang tidak terlalu dibutuhkan.

Jika diterapkan secara rutin, kegiatan ini dapat meringankan Anda saat hendak membersihkan rumah secara menyeluruh karena Anda merapikan tempat tidur sudah menjadi bagian dari kegiatan sehari-hari yang selalu Anda lakukan.

2. Mencuci baju setiap hari

Meski terasa berat, sebenarnya mencuci baju setiap hari jauh lebih ringan daripada menumpuknya di akhir pekan. Pasalnya, jumlah pakaian yang Anda cuci setiap harinya tentu tidak akan sebanyak yang Anda cuci di akhir pekan. Selain itu, hal ini akan menjadi kebiasaan yang meringankan Anda dalam menjaga kebersihan rumah.

Mengapa demikian? Karena baju kotor di rumah Anda sudah dicuci setiap harinya. Sementara, jika Anda mencuci setiap satu minggu sekali, baju kotor Anda akan menumpuk selama satu minggu penuh.

Jika Anda berencana membersihkan rumah secara keseluruhan di akhir pekan, kegiatan mencuci tumpukan baju kotor selama seminggu dapat memberatkan. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda membiasakan diri mencuci baju setiap hari.

3. Mengelap dapur dan meja makan setiap usai makan

Kegiatan ini tidak memakan banyak waktu. Anda mungkin bisa melakukannya dalam waktu kurang dari lima menit. Maka, tidak ada salahnya melakukannya setiap hari. Pasalnya, permukaan meja makan dan meja dapur tidak selamanya bersih, meski terlihat demikian.

Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu kebiasaan lain yang dapat membantu Anda menjaga kebersihan rumah, khususnya ruang makan dan dapur. Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun untuk membersihkan segala permukaan meja dari sisa makanan, kotoran, dan kuman serta bakteri yang mungkin menempel di sana.

Dengan melakukannya secara rutin setiap hari, Anda juga dapat membantu menjaga kesehatan keluarga karena jika dapur dan meja makan dibiarkan kotor, bisa saja kuman dan bakteri hinggap di makanan sehingga membuat orang yang memakannya rentan sakit.

4. Melepas sepatu saat hendak masuk ke dalam rumah

Saat Anda berada di luar rumah, Anda mungkin tidak menyadari sepatu atau alas kaki yang Anda gunakan telah menginjak banyak hal yang kotor. Meski tidak basah atau tidak terlihat, kuman, bakteri, dan berbagai kotoran lain pasti menempel di bawah alas kaki yang Anda gunakan di luar. Jika Anda tidak melepas alas kaki saat memasuki rumah, kotoran yang menempel juga akan mengotori lantai rumah Anda.

Untuk menyiasatinya, Anda harus melakukan kebiasaan melepas sepatu setiap masuk ke dalam rumah untuk menjaga kebersihan rumah Anda. Hal ini juga harus diterapkan oleh penghuni rumah lainnya. Dengan begitu, Anda akan lebih ringan saat hendak menyapu dan mengepel lantai karena Anda dan penghuni rumah telah meminimalisir kotoran yang masuk ke dalam rumah.

5. Mencuci piring setelah makan

Setelah selesai makan, biasakan diri untuk segera mencuci piring atau mangkok yang Anda gunakan untuk makan, termasuk sendok dan garpunya. Dibanding menunggu piring kotor menumpuk, membersihkan piring segera setelah makan adalah salah satu kebiasaan yang bisa Anda terapkan demi menjaga kebersihan rumah.

Pasalnya, menurut salah satu artikel yang dimuat di KidsHealth, piring kotor yang dibiarkan menumpuk bisa ‘mengundang’ kecoak untuk datang ke rumah. Selain itu, piring kotor juga dapat menjadi sumber datangnya kuman dan bakteri yang bisa menyebar di seluruh rumah. Maka dari itu, daripada menunggu piring kotor menumpuk, lebih baik jika Anda segera membersihkan setiap piring yang Anda gunakan untuk makan tepat setelah selesai menggunakannya.

Biar simple dan tidak makan waktu, lakukan hal di atas agar rumah bersih dan nyaman saat Anda pulang kerja sehingga istirahat atau tidur pun jadi langsung pulas dengan keadaan rumah bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com/Hello Sehat

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement