Advertisement

Musim Kemarau, Warga Tetap Waspada DBD

Newswire
Rabu, 18 September 2019 - 10:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Musim Kemarau, Warga Tetap Waspada DBD Ilustrasi nyamuk DBD - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, TEMANGGUNG - Pada musim kemarau, masyarakat harus tetap mewaspadai penyakit demam berdarah (DBD).

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Taryumi di Temanggung, mengatakan meskipun kasus DBD saat kemarau menurun, masyarakat harus tetap waspada.

Advertisement

Ia menambahkan Dinkes melalui kader kesehatan di tingkat dusun terus menggencarkan sosialisasi perilaku hidup bersih untuk mencegah berbagai penyakit seperti DBD.

Ia menyebutkan kasus DBD tahun ini sampai September 2019 mencapai 253 kasus, dengan satu kasus kematian. Di di bulan September ini terdapat 9 kasus demam dengue (DD) dan demam berdarah dengue (DBD) 11 orang.

"Kami masih memantau kesehatan pasien DBD dan DD tersebut. Lingkungan tempat tinggal juga dibersihkan agar tidak ada penularan dan kejangkitan," katanya, Rabu (18/9/2019).

Ia menyampaikan kasus meninggal 1 orang di bulan April 2019 karena pasien terlambat dibawa ke rumah sakit dan ada komplikasi dengan penyakit lain.

Ia menjelaskan kasus DBD tinggi biasanya pada musim hujan, yaitu di akhir tahun sampai awal tahun berikutnya. Saat itu banyak genangan air dan udara cukup hangat yang membuat perkembangbiakan nyamuk aides aegipty lebih cepat.

"Namun, di musim kemarau seperti saat ini tetap saja ada kasus DBD. Selain timbul dari Temanggung juga datang dari luar atau pasien dari luar Temanggung. Meskipun begitu kasusnya tidak banyak, tetapi pencegahan dan pemberantasan tetep dilakukan," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AJARAN AGAMA: Generasi Milenial Dinilai Penting Belajar Fikih

Bantul
| Rabu, 24 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Setelah Lima Hari, 2 Wisatawan yang Berenang di Zona Hahaya Pangandaran Ditemukan Tewas

News
| Rabu, 24 April 2024, 20:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement